Strategi Komunikasi Pemasaran Butik Lianepuspita melalui Media Sosial

Main Article Content

Jimmy Setiawan
Ahmad Junaidi

Abstract




Communication is the link of all social interactions. Communication is one of the main keys in the world of marketing. The use of Instagram media sosial as a marketing tool is inseparable from the pattern of community interaction which has shifted from face-to-face communication to virtual communication. The choice of marketing through online media occurs due to several factors such as time and cost efficiency. This study aims to find out how the internet-based marketing communication strategy is implemented by Lianepuspita Boutique in marketing its products both through Instagram and the Marketplace. The data in this study used observation data, interviews, documentation, and internet searching. The data needed includes the promotional strategy implemented by the Lianepuspita Boutique. This type of research uses qualitative research with a case study research approach to the object under study. Lianepuspita Boutique is a kebaya brand that chooses the online route in marketing its products. The results show that the marketing communication strategy carried out by Lianepuspita Boutique uses elements of the marketing mix with a focus on sales promotion on Instagram and Marketplace.





Komunikasi adalah penghubung semua interaksi sosial. Komunikasi merupakan salah satu kunci utama dalam dunia pemasaran. Penggunaan media sosial Instagram sebagai alat pemasaran tidak terlepas dari pola interaksi masyarakat yang bergeser dari komuikasi yang mendapatkan tatap muka ke komunikasi virtual. Pemilihan pemasaran melalui media online terjadi karena beberapa faktor seperti efisiensi waktu dan biaya. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran berbasis internet yang dijalankan oleh Butik Lianepuspita dalam memasarkan produk buatannya baik melalui Instagram dan marketplace. Data dalam penelitian ini mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan internet searching. Data yang diperlukan meliputi strategi promosi yang diterapkan Butik Lianepuspita. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus pada objek yang diteliti. Butik Lianepuspita merupakan brand kebaya yang memilih jalur online dalam memasarkan produk-produknya. Hasil menunjukkan bahwa dalam strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Butik Lianepuspita menggunakan elemen bauran pemasaran dengan fokus pada promosi penjualan di Instagram dan marketplace.







Article Details

Section
Articles

References

Mulyana, Deddy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosdakarya.

Nawawi, dan Martini Hadari. (1991). Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press.

Prastowo, Andi. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Yin, Robert K. (2013). Studi Kasus: Desain dan Motode. M. Djauzi Mudjaki (penerjemah). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.