Pengaruh Celebrity Endorser di Instagram terhadap Brand Image Erigo Store

Main Article Content

Jeremy Jordan Saputra
Nigar Pandrianto

Abstract




Social media is a platform that focuses its users on activities and collaborations. One of the social media that is often used by the public is Instagram. Instagram is also used to promote online. One fashion brand that uses Instagram to promote online is Erigo. Erigo has a good brand image among the public. To increase the brand image, Erigo uses endorsements via Instagram. One of the Instagram celebrity endorsers used by Erigo is Arief Muhammad. Arief Muhammad's Instagram account is named @ariefmuhammad and has 5.4 million followers as of September 2022. This research was created to find out whether Arief Muhammad on Instagram as a celebrity endorser @erigostore has an influence on Erigo's brand image. This study uses the theory of 4 characteristics of celebrity endorsers proposed by Rossiter & Percy, namely the VISCap Model. This study uses a quantitative method by distributing questionnaires to 100 respondents who are followers of Arief Muhammad. The data obtained were analyzed through correlation coefficient test, determination coefficient, and simple regression analysis. Data validity techniques from this study used validity tests, reliability tests, and hypothesis testing (t). The results of this study show that there is a relationship between the two variables, and the influence of Arief Muhammad on Instagram as a celebrity endorser @erigostore is influential and contributes 27.7% to Erigo's brand image.





Media sosial ialah suatu platform yang memfokuskan orang yang menggunakannya agar dapat beraktivitas ataupun berkolaborasi. Instagram ialah salah satu media sosial yang paling sering dipakai masyarakat. Instagram juga digunakan untuk melakukan promosi secara online. Salah satu brand fashion yang menggunakan Instagram untuk melakukan promosi online yaitu Erigo. Erigo memiliki brand image yang baik di kalangan masyarakat. Untuk meningkatkan brand image, Erigo menggunakan endorsement melalui Instagram. Salah satu celebrity endorser Instagram yang digunakan oleh Erigo yaitu Arief Muhammad. Akun Instagram Arief Muhammad bernama @ariefmuhamad dan memiliki followers berjumlah 5,4 juta per September 2022. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui apakah Arief Muhammad di Instagram sebagai celebrity endorser @erigostore memiliki pengaruh terhadap brand image Erigo. Penelitian ini menggunakan teori 4 karakteristik celebrity endorser yang dikemukakan oleh Rossiter & Percy yaitu VISCap Model. Metode kuantitatif dipakai dalam penelitian ini, yakni dengan cara menyebarluaskan kuisioner ke 100 (seratus) responden yang merupakan followers Arief Muhammad. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji koefisien relasi, koefisien determinasi, dan analisis regresi sederhana. Teknik keabsahan data dari penelitian ini memakai uji validitas, uji reliabilitas, serta uji hipotesis (t). Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya hubungan diantara kedua variabel, serta pengaruh Arief Muhammad di Instagram sebagai celebrity endorser @erigostore berpengaruh dan memberikan kontribusi 27,7% terhadap brand image Erigo.







Article Details

Section
Articles

References

Dimelia, S., & Rusdy, F. (2019). Pengaruh Selebriti Endorser Instagram Terhadap Minat Beli Followers. Prologia, 3(1), 247. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6247

Hasan, -. (2006). Pengaruh Kualitas Jasa Bank Syariah terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang. Akses, Vol 1, No 1 (2006): AKSES : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1–14. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/AKSES/article/view/445/567

Kertamukti, R. (2015). Instagram Dan Pembentukan Citra (Studi Kualitatif Komunikasi Visual Dalam Pembentukan Personal Karakter Account Instagram @basukibtp). Profetik: Jurnal Komunikasi, 8(1). https://ejournal.uin- suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1101

Kuncoro. (2006). Keterkaitan antara nilai dengan penilaian keadilan. Tesis. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/30348

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press. ISBN 979-17087- 6-2.

Setiawan, D. T. (2017). Pengaruh Vlogging Maria Karina Terhadap Persepsi Followers. http://repository.untar.ac.id/2807/

Sugianto, W. (2007). Pengaruh keunikan sumberdaya, kesimetrisan keunikan sumberdaya, kesimetrisan budaya dan aspek-aspek psikologi pada performansi aliansi. Thesis. http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2615/

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (pp. 38–52). Alfabeta. ISBN 979-8433-71-8.

Sugiyono. (2013). Landasan Teori, Kerangka Berfikir dan Pengajuan Hipotesis. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (p. 64). ISBN 979-8433-71-8.

Syamsu, M., & Widodo, W. (2021). Peran Data Science dan Data Scientist Untuk Mentransformasi Data Dalam Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi & Informasi, 2(1), 27–36. http://ojs.itb- ad.ac.id/index.php/JUTECH/article/view/1540/330