Strategi Komunikasi dalam Membangun Kesadaran Merek Marque.Co melalui Media Sosial

Main Article Content

Jennifer Mia Pranata
Ahmad Junaidi

Abstract




Technological developments have had an influence on product promotion efforts, this has also enabled businesspeople to be able to optimize them well. This research focuses on Marque.Co's communication strategy in building brand awareness through social media. Marque.Co was used as the object of research because local products are built with serious effort and prioritize product quality and efforts to provide optimal service to its customers. This research uses a qualitative approach method with primary and secondary data collection techniques. Primary data was carried out by observation and interviews, while secondary data was carried out by literature study. The results show that Marque.Co itself makes efforts to approach communication with its consumers through social media Instagram and TikTok and makes sales through online marketplaces such as Shopee and Tokopedia. The communication strategy carried out was successful in building brand awareness, this is proven by Marque.Co's Instagram followers reaching more than 50,000 and sales of thousands of units on Shopee.





Perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh pada upaya promosi produk, hal tersebut pun membuat para pelaku bisnis untuk bisa mengoptimalkannya dengan baik. Penelitian ini memiliki fokus pada strategi komunikasi Marque.Co dalam membangun kesadaran merek melalu media sosial. Marque.Co ini dijadikan objek penelitian karena produk lokal yang dibangun dengan upaya yang serius dan juga mengedepankan kualitas produk serta upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada customernya. Penelitian ini menggunakan metode pendakatan kualitatif dengan teknik pengumupulan data primer dan juga sekunder. Data primer dilakukan dengan observasi dan juga wawancara, sedangkan data sekunder dengan studi pustaka. Hasil menujukkan bahwa Marque.Co sendiri melakukan upaya pendekatan komunikasi dengan konsumennya melalui media sosial Instagram dan TikTok, dan melakukan penjualan melalui marketplace online seperti Shopee dan Tokopedia. Strategi komunikasi yang dilakukan berhasil membangun kesadaran merek (brand awareness), hal ini terbukti dari followers Instagram Marque.Co mencapai lebih dari 50.000 dan penjualan dengan jumlah ribuan unit di Shopee.







Article Details

Section
Articles

References

Ardianto, E. (2011). Handbook of Public Relation. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Banjaŕnahor, A. R. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Basu, S. &. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Cutlip, S. M. (2008). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

Effendy, O. (2000). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Endiyana, M. D. (2019). Peran Brand Awareness Memediasi Pengaruh Aavertising Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, 8, 6558 - 6576. doi:https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p09

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Jakarta: Qiara Media.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, R. (2008). Public Relations Writing. Jakarta: Kencana.

Kusnandar, V. B. (2021, Oktober 14). Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia. Retrieved November 29, 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet- indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia.

Riyanto, G. P. (2021, Februari 23). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. (R. Nistanto, Editor) Retrieved November 29, 2022, from https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna- internet-indonesia-2021-tembus-202-juta.

Sofjan, A. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Stephanie, C. (2021, Oktober 14). Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari? Retrieved November 29, 2022, from

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang- indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari?page=all.