Upaya Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image UMKM

Main Article Content

Jennifer Jennifer
Yugih Setyanto

Abstract

Implementation of public relations strategy is a strategy used by a brand to improve the quality of the brand. The purpose of this study was to determine the role of public relations in building the brand image of UMKM Koko Batagor. This research will use a qualitative approach with a case study method. The case study was used because Koko Batagor is one of the Batagor shops that has received attention from Bogir residents amidst very tight culinary competition. In this research, data collection was carried out by interviews. Interviews will be conducted with 6 informants, namely 1 owner of MSME Koko Batagor, 2 members of the Public Relations team of MSME Koko Batagor, and 3 informants who are consumers of MSME Koko Batagor. The data that has been collected in the form of interviews will be summarized, relevant data selected, and then used in research. Other sources are also used, such as secondary data from various relevant sources. The results of research that have been conducted show that public relations strategies use 6 of 7 public relations strategies. Of the 6 strategies carried out, it was stated that this public relations strategy was able to build a brand image for MSME Koko Batagor.


Implementasi strategi kehumasan merupakan strategi yang digunakan oleh sebuah brand dalam meningkatkan kualitas brand tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran humas dalam membangun brand image UMKM Koko Batagor. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus digunbakan karena Koko Batagor merupakan salah satau kedai batagor yang mendapatkan perhatian dari warga Bogor di tengah persaingan kuliner yang sangat ketat. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Wawancara akan dilakukan kepada 6 informan yaitu 1 pemilik UMKM Koko Batagor, 2 orang tim Humas UMKM Koko Batagor, dan 3 informan yang merupakan konsumen UMKM Koko Batagor. Data-data yang telah dikumpulkan berupa wawancara akan dirangkum, dipilih data yag relevan, untuk kemudian digunakan dalam penelitian. Sumber lain pun digunakan, seperti data skunder dari berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa strategi kehumasan menggunakan 6 dari 7 strategi kehumasan. Dari 6 strategi yang dilakukan disebutkan bahwa strategi kehumasan ini mampu membangun brand image bagi UMKM Koko Batagor.

Article Details

Section
Articles

References

Coaker, W. (2021). Branding With Images: The Ultimate Guide to Grow Your Business with Images: How to Build a Strong Brand Image. Independently Publisher.

Fiantika, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). PT. Global Eksekutif Teknologi. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Nurmala, Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, Emilda, Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19. AKM Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 65–74.

Primadhyta, S. (2022). 19 Juta Pelaku UMKM Masuk Ekosistem Digital per Mei 2022. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220616172828-92-809888/19-juta-pelaku-umkm-masuk-ekosistem-digital-per-mei-2022

Saputra, N., & Marta, R. F. (2020). Optimalisasi Model Strategi Public Relations Museum Penerangan dalam Membentuk Citra Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 20–31.

Sasongko, D. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. In Metode Penelitian Ilmiah. PT. Alfabet.

Wardhana, A. (2021). Brand Image and Brand Awareness. Media Sains Indonesia.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE.

Yosephine, M., & Diniati, A. (2021). Strategi public relations Sinar Mas Land dalam membangun brand image perusahaan. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(2), 208. https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.26220

Yuliaty, T., Shafira, C. S., & Akbar, M. R. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global. Mbia, 19(3), 293–308. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1167