Peran Brand Ambassador Kopi Kekinian untuk Menciptakan Brand Recall Mahasiswa Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Jason Harley Hartono
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

A brand ambassador is an advertising supporter or also known as an advertising star who supports advertised products to create brand recall of the brand from the promotions being carried out. According to Prashar, brand recall refers to how well consumers do a recall of a brand in various situations. In this study, the selection of the Kopi Kenangan brand as the object of research is because Kopi Kenangan is one of the leading contemporary coffee brands that is popular with the public and often uses the services of Brand Ambassadors in its promotional activities. This study uses a qualitative research approach with the exploratory case method. After conducting research on Kopi Kenangan consumers, the researchers concluded that Kopi Kenangan had followed the Brand Ambassador theory put forward by Rosister and Percy, this was evidenced by the creation of brand recall among Tarumanagara University students because of using brand ambassadors in Kopi Kenangan promotional activities.


Brand ambassadoradalah pendukung iklan atau juga yang dikenal sebagai bintang iklan yang mendukung produk yang diiklankan agar terciptanya brand recall terhadap branddari promosi yang dijalankan. Menurut Prashar, brand recallmerujuk pada seberapa baik konsumen melakukan recall terhadap sebuah merek dalam berbagai situasi. Pada penelitian ini, pemilihan brandKopi Kenangan sebagai objek penelitian karena Kopi Kenangan menjadi salah satu brandkopi kekinian unggulan yang digemari masyarakat serta kerap kali menggunakan jasa brand ambassador dalam kegiatan promosinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode kasus eksploratoris. Setelah dilakukan penelitian terhadap para konsumen Kopi kenangan, peneliti menyimpulkan bahwa Kopi Kenangan sudah mengikuti teori Brand Ambassador yang dikemukan oleh Rosister dan Percy, hal tersebut dibuktikan dari terciptanya brand recall dikalangan mahasiswa Universitas Tarumanagara sebagai hasil penggunaan brand ambassador dalam kegiatan promosi Kopi Kenangan.

Article Details

Section
Articles

References

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Terjemahan Bob Sebran. Jakarta: Erlangga.

Lea-Greenwood, Gaynor. (2012). Fashion Marketing Communications Ebook. Somerset, NJ, USA: Wiley.

Rossiter, J. R., & Percy, L. (2001). Presenter Effects in Advertising: the Viscap Model. E - European Advances in Consumer Research, 5.

Shimp, Terence. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat. Siahaan, H. D., Dra, A., &

Yuliati, L. (2016). Pengaruh Tingkat Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Victoria’s Secret (Studi Pada Konsumen Victoria’s Secret di PVJ Bandung).

Soraya, Iin. (2017). Personal Branding Omesh dan Irfan Hakim Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @BandungKunafe). Vol VIII Nomor II, 30-38.