Digital Marketing Perusahaan Ritel Indonesia Membangun Brand Image Fashion Footwear (Studi Kasus terhadap Onitsuka Tiger)

Main Article Content

Janice Joceline Ignabertha
Riris Loisa

Abstract

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) is a retail company that sells clothing, footwear, accessories, bags and sports equipment. Onitsuka Tiger, as one of the brands shaded by MAP, must be able to build a brand image so that it can be accepted by the Indonesian market. The purpose of this study is to describe how digital marketing communications are carried out by retail companies in an effort to build a brand image for fashion footwear products using descriptive qualitative research methods. Data collection techniques through in-depth interviews with research subjects and observations, document studies for reference for researchers in conducting research. The results of the study show that digital marketing PT MAP conducts marketing communications through four digital media channels to market Onitsuka Tiger, namely Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing, Interactive Advertising, and Online PR. With good marketing communications, PT MAP aims to build the Onitsuka Tiger brand image. Overall, this study states that the use of digital marketing concepts has succeeded in building a good brand image for Onitsuka Tiger products. The author hopes that there will be further research based on developments in information technology related to marketing communications, as well as for PT MAP, namely to develop image branding through increasing digital marketing activities by involving consumers and studying marketing communication strategies more deeply.


PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) merupakan perusahaan ritel yang menjual pakaian, alas kaki, aksesoris, tas dan perlengkapan olahraga. Onitsuka Tiger, sebagai salah satu brand yang dinaungi oleh MAP harus mampu membangun brand image agar dapat diterima oleh pasar Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan bagaimana komunikasi pemasaran digital yang dijalankan perusahaan ritel, sebagai upaya membangun brand image produk fashion footwear dengan penggunaan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui in-depth interview terhadap subjek penelitian dan observasi, studi dokumen untuk referensi bagi peneliti dalam membuat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing PT MAP melakukan komunikasi pemasaran melalui empat saluran media digital untuk memasarkan Onitsuka Tiger, yaitu Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing, Interactive Advertising, dan Online PR. Dengan komunikasi pemasaran yang baik, PT MAP bertujuan untuk membangun brand image Onitsuka Tiger. Secara keseluruhan penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan konsep digital marketing berhasil membangun brand image yang baik untuk produk Onitsuka Tiger. Penulis berharap adanya penelitian selanjutnya berdasarkan perkembangan teknologi informasi yang berkaitan dengan komunikasi pemasaran, serta bagi PT MAP yaitu untuk mengembangkan image branding melalui memperbanyak aktivitas digital marketing dengan melibatkan konsumen dan mengkaji strategi komunikasi pemasaran lebih dalam.

Article Details

Section
Articles

References

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan - Metode dan Paradigma Baru. PT. Remaja Rosdakarya.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Rajawali Pers.

Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.