Pengaruh Konten Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Followers Golden Monkey Malatang Hotpot

Main Article Content

James Runturambi
Farid Farid

Abstract

The development of more and more modern technologies has made the development of information technology faster and fasterOne way to counter the competition is to use social media. Instagram social media was chosen as the object of study because it has a greater influence. One sector in the culinary business that is leveraging social media is Golden Monkey Malatang Hotpot, with an Instagram account @Malatang_hotpot. The aim of this study is to find out whether there is an influence of social media content on Instagram @malatang_hotpot on followers' buying interest. The sample size in this study was 100 respondents who are followers of the @malatang_hotpot Instagram account. In this study using explanatory quantitative methods while the samples in this study use a targeted sampling technique. Data collection in this study used an online questionnaire with a Google form. In managing the data in this study using SPSS version 29. The bottom line of this study is the influence of social media content on Instagram @malatang_hotpot on followers' buying interest of 42.7%, while the rest of other factors outside of this study being affected.


Perkembangan teknologi yang semakin modern membuat perkembangan terknologi informasi semakin meningkat pesat. Media sosial Instagram dipilih menjadi objek penelitian karena memiliki pengaruh yang lebih besar. Salah satu sektor di bisnis kuliner yang memanfatkan media sosial adalah Golden Monkey Malatang Hotpot dengan akun instagram @Malatang_hotpot. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh konten sosial media Instagram @malatang_hotpot terhadap minat beli followers. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan followers akun Instagaram @malatang_hotpot. Didalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat ekplanatif. kemudain pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner secara online dengan google form. Dalam mengelola data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 29. Hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya pengaruh konten sosial media Instagram @malatang_hotpot terhadap minat beli followers sebesar 42,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Article Details

Section
Articles

References

Ambarawati, Miki. (2015). Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli ( Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). Malang: Universitas Brawijaya.

Febbyana. (2018). Pengaruh Konten Instagram Terhadap Minat Berkunjung Konsumen (Studi Kuantitatif mengenai Pengaruh Kandungan Pesan Foto, Gaya Komunikasi, dan Kualitas Informasi pada akun Instagram Klinik Kopi terhadap Minat Berkunjung Konsumen ke Klinik Kopi di Yogyakarta Tahun 2017). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro. Kennedy, J.E., &

Soemanagara, R.D. (2006). Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta: Buana Ilmu Populer.

Kholisdinuka, Alif. (2020). Bisnis Kuliner Ini Tetap Bertahan Meski Corona Merajalela. https://finance.detik.com/solusiukm/d-5051478/bisnis-kuliner-ini-tetap-bertahan-meski-corona-merajalela

Kotler, P., & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (13 ed., Vol. 2). Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Nisanto, Reska K. (2013). Riset: Instagram, Tempat Beriklan Paling Efektif. https://tekno.kompas.com/read/2013/12/11/1251314/Riset.Instagram.Tempat.Beriklan.Paling.Efektif

Simarmata, Janner. (2010). Rekayasa Web. Yogyakarta: CV ANDI.

Situmorang, J. R. (2011). Pemasaran Hijau yang Semakin Menjadi Kebutuhan dalam Dunia Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).

Solis, B. (2010). Engage The Complete Guide For Brands And Businesses To Build, Cultivate, And Measure Success In The New Web. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Susan. (2019). Pengaruh Konten Sosial Media Instagram @Sushiteiindonesia Terhadap Minat Beli Konsumen. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara

Tungka,dkk. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Minat Beli Chatime Indonesia. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 8(2).

Wahyuni, Sri. (2019). Pengaruh Konten Instagram @Smrfoodies terhadap Minat Beli Followers. eJournal Ilmu Komunikasi.

Wifalin, Michelle. (2016). September 10, 2019. Efektivitas Instagram Common Grounds. Jurnal E-Komunikasi.