Konsep Diri Remaja Citayam Fashion Week di Kompas.Com dan Okezone.Com

Isi Artikel Utama

Grace Jessica
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstrak

This article aims to explain the self-concept of Citayam Fashion Week teenagers on Kompas.com and Okezone.com. CFW is an activity for teenagers from areas around Jakarta such as Citayam, Bojonggede, Cibinong and Depok who gather in the area around the Dukuh Atas MRT station and BNI City Station to show off their clothing styles. This fashion show attraction became famous because it was widely discussed on social media, and finally reported by online media. Self-concept is a subjective image of oneself and a complex mix of subconscious and conscious feelings, attitudes and perceptions. Self-concept provides individuals with a frame of reference that influences self-management of situations and one's relationships with others. All self-concepts involve physical and psychological images. This study uses a qualitative approach with the Entman framing analysis method. The subject of this research is Kompas.com and Okezone.com news throughout July-August 2022 regarding CFW. The results of the study show that the Kompas.com news frame shows a positive self-concept of CFW youth. Meanwhile, the Okezone.com news frame shows a negative self-concept of CFW youth.


Penelitian ini bertujuan menjelaskan bingkai pemberitaan konsep diri remaja Citayam Fashion Week di Kompas.com dan Okezone.com. CFW adalah kegiatan para remaja dari pinggiran kota Jakarta antara lain Citayam, Bojonggede, Cibinong, dan Depok yang berkumpul di sekitar stasiun MRT Dukuh Atas dan Stasiun BNI City memamerkan gaya pakaiannya. Atraksi pamer busana tersebut menjadi terkenal karena banyak diperbincangkan di media sosial, dan akhirnya sering diberitakan oleh media-media daring. Konsep diri adalah citra subjektif dari diri dan pencampuran yang kompleks dari perasaan, sikap, dan persepsi bawah sadar maupun sadar. Konsep diri memberi individu kerangka acuan yang mempengaruhi manajemen diri terhadap situasi dan hubungan seseorang dengan orang lain. Konsep diri melibatkan gambaran fisik dan psikologis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis Framing model Entman. Subjek penelitian berita Kompas.com dan Okezone.com sepanjang Juli-Agustus 2022 mengenai CFW. Hasil penelitian menunjukkan bingkai berita Kompas.com memperlihatkan konsep diri remaja CFW positif. Sementara bingkai berita Okezone.com memperlihatkan konsep diri remaja CFW negatif.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Cindrakasih, R. R. (2022). Citayam Fashion Week Bentuk Artikulasi Globalisasi Kultural Dan Komunikasi Identitas Fashion Anak Muda. Jurnal Public Relations-JPR, 3(2), 111-118.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing. Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LKIS.

Octaviani, C., & Kartasasmita, S. (2017). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku komsumtif pembelian produk kosmetik pada wanita dewas awal. Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni 1(2), 126-133.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2005). Buku ajar fundamental keperawatan: Konsep, proses & praktek. Jakarta: EGC.

Pratama, R., & Saragih, M. Y. (2022). Zhong Dang Pan and Gerald M. Kosicki Framing Model Analysis on Citayam Fashion Week News in Tempo.co and Tirto.id Online Media. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation 2(4), 459-465.

Priastutik, S., Suhendri, H., & Kasyadi, S. (2018). Pengaruh kemandirian dan konsep diri terhadap pemecahan masalah matematika siswa. JKPM Jurnal Kajian Pendidikan Matematika 4(1), 1-10.

Rakhmat, J. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ranny, R. A., Rianti, E., Amelia, S. H., Novita, M. N., & Lestarina, E. (2017). Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia 2(2), 40-47.

Rezkisari, I., & Mabruroh. (2022, Juli 26). Nasional. Retrieved from Republika.co.id: https://news.republika.co.id/berita/rflsmu328/citayam-fashion-week-harusnya-bisa-jadi-harajukunya-indonesia

Solihin, E. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan. Jakarta: Pustaka Ellios.

Tatas, H. (2021). Peran media sosial dan fenomena citayam Fashion Week. STIKOM Semarang Semai Komunikasi 4(2), 46-57.

Wikanto, A. (2022, Juli 25). Nasional. Retrieved from Kontan.co.id: https://nasional.kontan.co.id/news/citayam-fashion-week-jadi-rebutan-baim-wong-aditya-nugraha-cek-asal-usul-lokasi