Analisis Bauran Komunikasi Pemasaran Sariayu Martha Tilaar Saat Pandemi Covid-19

Main Article Content

Safira Salsabila Atsari
Diana Anggraeni

Abstract

The pandemic has impacted the economic sector, leading to several companies in the beauty industry being affected by its consequences. They have experienced a substantial decline in sales, particularly Sariayu Martha Tilaar. Companies need to devise strategies to endure the uncertain circumstances in order to ensure their continued operation. One approach to sustain their business is to develop effective marketing communication plans. Hence, this study was conducted to explore how Sariayu Martha Tilaar implements its marketing communication mix to preserve its sales during the pandemic. This research follows a post-positivist paradigm with a qualitative descriptive approach. The findings reveal that Sariayu Martha Tilaar employs all eight elements of the marketing communication mix; however, only six of them are deemed to have a significant impact on its sales during the pandemic: sales promotion, direct marketing, personal selling, interactive marketing, event and experiential marketing, and advertising.


Pandemi telah berdampak pada sektor ekonomi, menyebabkan beberapa perusahaan di industri kecantikan terkena dampaknya. Mereka mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan, khususnya Sariayu Martha Tilaar. Perusahaan perlu menyusun strategi untuk bertahan dalam keadaan yang tidak pasti untuk memastikan kelangsungan operasi mereka. Salah satu pendekatan untuk mempertahankan bisnis mereka adalah mengembangkan rencana komunikasi pemasaran yang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana Sariayu Martha Tilaar menerapkan bauran komunikasi pemasarannya untuk mempertahankan penjualannya di masa pandemi. Penelitian ini mengikuti paradigma post-positivis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan menunjukkan bahwa Sariayu Martha Tilaar menerapkan delapan elemen bauran komunikasi pemasaran; namun, hanya enam di antaranya yang dianggap berdampak signifikan terhadap penjualannya selama pandemi: promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan pribadi, pemasaran interaktif, pemasaran acara dan pengalaman, serta periklanan.

Article Details

Section
Articles

References

Akib, S., Mulyaningsih, T., Suhadarliyah, Yusuf, S., Sari, D., Purwaningsiwi, U., Amelia, D., Noekent, V., Masripah, I., Mu’ah, Pertiwi, S., & Ghazy, A. (2023). Komunikasi Bisnis. Seval.

Amanda. (2018, November 11). Mengenal Lebih Dekat Tentang Pendapatan Perusahaan. . https://www.accuratecenter.com/2018/11/11/mengenal-lebih-dekat-tentang-pendapatan-perusahaan/

Azzahra, S. (2022). Strategi Bauran Pemasaran CV. Bagus Agriseta Mandiri dalam Menghadapi Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(3), 1147. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.33

Devi, I. A. C. S. N & Giantari. (2014). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Provider Tri di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(7).

Djumen, E. (2020). Dampak Pandemi Covid-19, Pemerintah Akui Daya Beli Masyarakat Melemah. . Money.Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2020/10/06/050800026/dampak-pandemi-covid-19-pemerintah-akui-daya-beli-masyarakat-melemah.

Fadillah, A. N., Katini, H., Rusmayanti, Alfian, A., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh direct marketing terhadap keputusan pembelian impulsif pizza hut delivery . Jurnal Manajemen , 13(1), 1–6.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2017). Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research in Nursing & Health, 40(1), 23–42. https://doi.org/10.1002/nur.21768

Kotler, P, & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P, & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods. (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi , 8(1), 83–98.

Latifah, A., & Basuki, U. (2021). Bauran Komunikasi Pemasaran Toko Angentyas di Kabupaten Temanggung . MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi , 1(2), 25–36.

Mardiyanto, D., & Giarti, G. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran. (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo). Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 60–66. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/470/249

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. A method sourcebook. Sage Pub.

Nurlatifah, S. Z., & Masykur, R. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Word Of Mouth (Wom) Dan Produk Pembiayaan Syariah Terhadap Minat Dan Keputusan Menjadi Anggota (Nasabah) Pada Baitul Tamwil Muhammadiyah (Btm) Kota Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Indonesia, 17(3), 163. https://doi.org/10.25124/jmi.v17i3.1154

Prisgunanto, I. (2018). Implementasi promosi bauran komunikasi pemasaran kartu kredit di Indonesia (Studi deskriptif Bank Mandiri, HSBC, Citibank, BCA, dan BNI. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(2), 106–124.

Putra, D. F., & Dianita, I. A. (2021). Analisis bauran komunikasi pemasaran Kopiria Citra Niaga Samarinda. E-Proceeding of Management, 6599–6606.

Shimp TA. (2010). Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communication. Nelson Education, Ltd.

Susanto, A., & Sunardi, A. (2017). Aktivitas Bauran Komunikasi Pemasaran Di Perusahaan Jamu Ibu Tjipto Kota Tegal. Jurnal Komunikator, 9(1), 1–8. https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2647/2681

Tjiptodjojo, K. I., Setyawan, S., Suwarno, H. L., & Margaretha, Y. (2021). Pengaruh word of mouth terhadap kepercayaan konsumen dalam berbelanja secxara online. 1407–1412.

Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1). https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3003