Strategi yang Dilakukan Public Relations dalam Membangun Brand Image (Studi Kasus Brand Kosmetik Syca)

Main Article Content

Flegon Gamaliel
Muhammad Adi Pribadi

Abstract




This study aims to determine the public relations strategy of Syca in building brand image. Syca is a local brand engaged in cosmetics. The communication theory used in this study is the theory of public relations strategy and brand image theory. This study uses these theories because these theories are related to this research besides wanting to know and explore Syca's public relations strategy in building brand image. This study uses qualitative research. The research method used in this study is a case study. The subjects in this study were Syca's public relations, Syca's co-founders, Syca's employees, and consumers of the Syca brand. Data collection techniques used in this study were interviews and non-participant observation. The results of this study are how Syca's public relations builds its brand image and what strategies are used by Syca's public relations in building its brand image. Activities that have been carried out by Syca such as making Syca followers or followers on Instagram, consumers, and potential customers as members of the company, have helped build a brand image.


 





Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi public relations dari Syca dalam membangun brand image. Syca merupakan salah satu brand lokal yang bergerak di bidang kosmetik. Teori komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi public relations dan teori brand image. Penelitian ini menggunakan teori-teori tersebut karena teori tersebut berkaitan dengan penelitian ini selain itu ingin mengetahui dan mendalami strategi dari public relations dari Syca dalam membangun brand image. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah public relations Syca, co-founder Syca, Karyawan Syca, dan konsumen dari brand Syca. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan melakukan observasi non-partisipan. Hasil penelitian ini adalah bagaimana public relations Syca membangun brand imagenya dan strategi apa saja yang dilakukan oleh public relations Syca dalam membangun brand image. Kegiatan-kegiatan yang sudah di lakukan oleh Syca seperti menjadikan followers atau pengikut Syca di Instagram, konsumen dan calon konsumen sebagai anggota dari perusahaan, telah membantu terbangunnya brand image.







Article Details

Section
Articles

References

Jeffkins, Frank. (2003). Public Relations. Erlangga.

John W Creswell. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Nasrullah, Dr. Rulli. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sositeknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nurdiansyah, Fajar & Henhen Siti Rugoyah. (2021). Strategi Branding Bandung Giri Gahana Golf Sebelum dan Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Purnama Berazam, 2.

Ruslan, Rosady. (2017). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. PT. RajaGrafindo Persada.

Sidiq, Dr. Umar M. A., & Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV Nata Karya.

Susilowati. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi, 8.

Tanujaya, Chesley. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2.

Yin, Robert K, Prof. De. (2013). Studi Kasus Desain & Metode. PT. RajaGrafindo Persada.