Studi Komunikasi Antarpribadi Pelatih dengan Kapten Bola

Isi Artikel Utama

Eric Eric
Suzy Azeharie

Abstrak

Communication must be done by humans, especially in this case is interpersonal communication that occurs between individuals. Likewise in the game of futsal communication will still occur, both between the players and between the coach and the captain. This research was conducted to examine interpersonal communication that occurs between captains and coaches in the My Team Team. Therefore, in this study, the informants involved were Vicky Venley (captain) and Andy Irawan (coach), this study also involved expert informants who had competence in the field of futsal as observers. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The results obtained in this study are intense interpersonal communication between the captain and the coach. Interpersonal communication will also have a significant impact on the overall development of the team. Therefore it can be concluded that the interpersonal communication that occurs between the captain and also the coach has a very significant impact on the development of Team My Team.


 


 


Komunikasi pasti dilakukan oleh manusia, terutama komunikasi antarpribadi yang terjadi antarindividu. Demikian juga di dalam permainan futsal komunikasi akan tetap terjadi, baik antara pemain maupun antara pelatih dengan kapten. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti komunikasi antarpribadi yang terjadi di antara kapten dan pelatih di dalam Tim My Team. Peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode yang digunaka adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang menginterpretasikan suatu peristiwa secara utuh disertai dengan hubungan dan latar belakang sosialnya dalam rangka menyajikan gambaran secara lengkap dan menyeluruh penelitian ini juga turut melibatkan narasumber ahli yang memiliki kompetensi di dalam bidang futsal sebagai pengamat. Adapun hasil yang diperoleh di dalam penelitian ini adalah komunikasi antarpribadi terjadi secara intens antara kapten dan pelatih terjadi cukup intens. Komunikasi antarpribadi juga akan memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan tim secara keseluruhan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa komunikasi antarpribadi yang terjadi di antara kapten dan juga pelatih memiliki dampak yang sangat signifikan pada perkembangan Tim My Team.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

DeVito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book. Edinburgh: Pearson Education.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Literasi Nusantara.