Pemanfaatan Live Streaming di Media Sosial TikTok

Main Article Content

Daniel Daniel
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Entering the rapid development of this digital era, almost everything has been done digitally. One of them that is developing very quickly is social media. This media is used by all groups to communicate and interact with fellow social media users. This research was conducted with a qualitative approach. The method used is a case study. The case study conducted by the researcher is regarding the use of live streaming on social media TikTok at the online shop Timelicious store. Data collection was carried out by interviewing and observing key informants to ensure more perfect research results. The results of the study show that the social media TikTok by Timelicious store is efficient because it is not only the financial benefits that are obtained but there is also an awakening of public awareness that the Timelicious store offers luxurious products and affordable prices. In addition, for Timelicious, TikTok is a social media that is easy to use. Moreover, TikTok has interesting features that make it very easy and helpful for online-based business shops to sell.


 


 


Memasuki perkembangan era digital yang sangat cepat ini hampir semuanya sudah dilakukan melalui serba digital. Salah satunya yang berkembang dengan sangat cepat adalah media sosial, Media ini digunakan oleh semua kalangan sebagai sarana untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama pengguna media sosial. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Metode yang diguakan adalah studi kasus. Studi kasus yang dilakukan oleh peneliti adalah mengenai pemanfaatan live streaming di sosial media TikTok pada online shop Timelicious store. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi terhadap narasumber kunci untuk memastikan hasil penelitian yang lebih sempurna. Hasil penelitian menunjukkan media sosial TikTok oleh Timelicious store terbilang efisien karena bukan hanya keuntungan finansial yang didapat tetapi ada juga terbangunnya kesadaran masyarakat bahwa Timelicious store menawarkan produk yang mewah dan harga yang terjangkau. Selain itu, bagi Timelicious TikTok adalah media sosial yang penggunaannya mudah. Apalagi TikTok punya fitur-fitur menarik yang sangat memudahkan dan membantu bagi para toko usaha berbasis online untuk berjualan.

Article Details

Section
Articles

References

Arifien, A. S. (2017). Penggunaan Bimbingan Dan Konseling Individu Dalam Menangani Permasalahan Transeksual Femalo To Male Dengan Menggunakan Pendekatan Feminisme (Studi Kasus Di Smp Negeri 12 Bandar Lampung). Http://Diglib.Uin-Suka.Ac.Id/12295/2/Bab/20v/Pustaka.Pdf,Op.Cit.Hal.21

Dewi Nur’aini, R. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. 92 Inersia, Xvi No 1. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Inersia.V16i1.31319

Fitrianto, R. (2018). Pengaruh Personal Selling Dan Kemudahan Persyaratan Terhadap Kepuasan Konsumen Mengajukan Kredit Di Koperasi Primkopabri Magetan. Http://Eprints.Umpo.Ac.Id/Id/Eprint/4127

Kuswandy, J., & Aulia, S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Instagram Online Shop (Studi Kasus Online Shop Mishalot Florist). Journal Untar, Vol 1 No 3. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24912/Ki.V1i3.15752

Mardianinta, W. (2016). Perilaku Prososial Pada Scooterist Vespa Ekstrim Di Semarang. Http://Repository.Unika.Ac.Id/Id/Eprint/13160

Paramita, S., & Irena, L. (2020). Fokus Dan Ruang Lingkup Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara. 12(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24912/Jk.V12il. 7558

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common |, 3(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34010/Common.V3i1.1950

Putra, Y. K. W. (2018). Analisis Proses Pengembangan Elemen-Elemen Mikro Concept Design Di Perusahaan Startup (Studi Kasus Perusahaan Startup Kdi). Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Handle/123456789/10973

Safira, D. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Untuk Peningkatan Layanan Di Pt. Pegadaian Cabang Syariah Pasar Ngabul Jepara. Http://Eprints.Unisnu.Ac.Id/Id/Eprint/1076

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31294/Jc.V16i2.1283

Vika Azkiya Dihni. (2022, July 19). Pengguna Tiktok Terus Bertambah Sampai Kuartal I 2022. Databoks.Katadata.Co.Id.

Zaqi, M. (2018). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Modern Badii’usy Syamsi Pucanganom Kebonsari Madiun. Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Handle/123456789/8577