Pandangan Followers terhadap Personal Branding Denny Sumargo di Instagram

Main Article Content

Clinton Nadeak
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Personal branding is the formation of self-image or identity in the audience consciously or unconsciously. Personal branding has one goal in career development. In building personal branding, the right strategy is needed in building it so that it has a strong personal branding. Denny Sumargo is a public figure who is known by the public because of his personal branding. Therefore this research is a qualitative research that aims to describe Denny Sumargo's personal branding strategy on Instagram. Through data collection techniques in the form of interviews, descriptions, and documentation of this research, it concludes that Denny Sumargo continues to display his true characteristics as a funny person through content by including a unique form of communication on his Instagram, so that followers recognize Denny Sumargo as a funny person.


 


 


Personal branding merupakan pembentukan citra diri atau identitas pada audiens secara sadar atau tidak sadar. Personal branding memiliki tujuan untuk salah satunya dalam pengembangan karir. Dalam membangun personal branding dibutuhkan strategi yang tepat dalam membangun agar mempunyai personal branding yang kuat. Denny Sumargo adalah seorang public figure yang telah dikenal oleh masyarakat karena personal branding yang dimilikinya. Oleh karena itu Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk melakukan mendeskripsikan strategi personal branding Denny Sumargo di Instagram. Melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, deskripsi, dan dokumentasi penelitian ini menperoleh kesimpulan Denny Sumargo terus menampilkan karakteristiknya yang sesungguhnya sebagai orang yang lucu lewat konten dengan memasukan bentuk komunikasi yang unik di Instagramnya, sehingga followers mengenali Denny Sumargo sebagai orang yang lucu.

Article Details

Section
Articles

References

Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.

Feroza, C., & Misnawati, D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIALSEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN |Cindie Sya’bania Feroza, Desy Misnawati. JURNAL INOVASI, 14, 32–41. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalinovasi/article/view/1397

Hendarsyah, D. (2019). E-COMMERCE DI ERA INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184. https://doi.org/https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (36th ed.). PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Parengkuan, E., & Tumewu, B. (2014). PERSONAL BRAND-INC (Mustika Anggi, Ed.; 1st ed., Vol. 1). PT Gramedia Pustaka Utama.

Rahman, H., & Harmonis, F. (2022). Aktivitas Publik Relations Politik Pengelolaan Citra Prabowo sebagai Capres. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(6), 8386–8398. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i6.7892

Rangkuti, F. (2013). Strategi Semut Melawan GajahUntuk Membangun Brand Personal, Produk &PerusahaanFreddy Rangkuti.

Rizaty, M. (2022, August). Pengguna Instagram Indonesia Terbesar Keempat di Dunia. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-instagram-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia

Ruth, D., & Candraningrum, A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207–214. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8093

Stevani, & Widayatmoko. (2017). Kepribadian Dan Komunikasi Susi Pudjiastuti Dalam Membentuk Personal Branding. Jurnal Komunikasi, 9(1), 65–73. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.225

Sugiyono. (2016). MEMAHAMI PENELITIAN KUALITATIF (16th ed.). ALFABETA, CV.

Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF (S. Suryandari, Ed.; 3rd ed.). Alfabeta.

Yin, R. K. (2014). Studi Kasus Desain & metode (13th ed., Vol. 1). PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.