Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram @carameleatery

Main Article Content

Anandia Ekklesia Gabriella
Farid Farid

Abstract

This culinary cafe business is getting crowded thanks to Instagram trends. The concept of "Instagramable", which attracts buyers and sellers through various forms of advertisements through content marketing, has become a new trend in major cities in recent years. Caramel Eatery's marketing communications strategy is to create marketing content through Instagram, which is then used as a messaging medium and marketing. The purpose of this study is to determine the marketing communication strategy of Caramel Eatery on Instagram social media. This study adopts qualitative description method and uses IMC (Integrated Marketing Communication) theory. This study shows that Caramel Eatery's marketing communications strategy uses Instagram social media because it is cheap, easy, and has a wide reach in marketing.


 


Pemasaran konten dapat melibatkan konsumen dengan menciptakan interaksi di antara pelanggan. Maraknya industri kedai kopi telah menciptakan pasar baru bagi para pengusaha di bidang kuliner dan khususnya peluang yang sangat besar bagi masyarakat. Berkat tren Instagram, bisnis kuliner di kedai kopi ini semakin ramai. Berbagai bentuk konsep “Instagramable” yang menarik pembeli dan penjual melalui content marketing menjadi tren baru di kota-kota besar dalam beberapa tahun terakhir. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Caramel Eatery adalah membuat konten pemasaran melalui Instagram yang kemudian digunakan sebagai media pesan dan sarana pemasaran. Tujuannya adalah untuk mengerti strategi komunikasi pemasaran Caramel Eatery melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dan menggunakan teori IMC (Integrated Marketing Communication). Hasil penelitian Caramel Eatery belum berhasil menggunakan komunikasi pemasaran terpadu, karena Caramel Eatery belum memasan iklan di media massa, hanya dengan melakukan promosi di media sosial Instagram.

Article Details

Section
Articles

References

Mubarokah, Amalina, Sri Wahyuni, E Mukhamad Zulianto. 2022. “Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Osingdeles)”. 16(1). Doi: 10.19184/Jpe.V16i1.24614.

Octafiany, Dhea Noer, E Sylvie Nurfebiaraning. [S.D.]. Pengaruh Content Marketing Di Media Sosial Instagram Terhadap Sikap Konsumen Dalam Pembelian Produk Sepatu Compass The Influence Of Content Marketing On Instagram Social Media On Consumer Attitude In Purchase Of Compass Shoes Products.

Setia Wibowo, Bambang, Diaz Haryokusumo, Stie Ykpn Yogyakarta Bambangsetia, E Stie Ykpn Yogyakarta. [S.D.]. “Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran : Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce, Social Media Instagram”.