Pengaruh Brand Loyalty terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Crooz_id

Main Article Content

Adriel Aurelius Susianto
Rezi Erdiansyah

Abstract

The distribution industry in Indonesia is growing every year. This is evidence of loyal customers who indirectly support demand for more production. It's no wonder that distributors like Crooz_id focus on building customer loyalty. Therefore, this study aims to cover the effect of brand loyalty in building purchasing decisions in the distribution industry with Crooz_id products as a context for overall consideration by researchers. This study uses the Crooz_id design and research methods using quantitative methods and data collection techniques distributing questionnaires to 100 respondents who are crooz_id Instagram followers. by using non-probability sampling. The data obtained is processed using validity test, reliability test, normality test, simple regression analysis test and t test. The results of the study show that the motivation of Crooz_id buyers has a significant effect on the fulfillment of needs in buying Crooz-id products.


 


Industri distribusi di Indonesia semakin berkembang setiap tahun. Hal ini sebagai bukti loyal pelanggan yang secara tidak langsung mendukung permintaan produksi yang lebih. Tidak heran jika distributor seperti Crooz_id fokus dalam membangun loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efek dari brand loyalty dalam membangun keputusan pembelian pada industri distro dengan produk Crooz_id sebagai konteks pertimbangan secara keseluruhan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan desain Crooz_id dan metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengikut Instagram Crooz_id. dengan menggunakan non-probability sampling. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji analasis regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi konsumsi pembeli Crooz_id berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pemenuhan kebutuhan dalam membeli produk Crooz-id.

Article Details

Section
Articles

References

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Dirección de marketing (Decimocuarta

ed.). Naucalpan de Juárez: Pearson Education.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. In Metode Penelitian Ilmiah. PT. Alfabet.

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e‐WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne des Sciences de l'Administration, 27(1), 5-23.

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.

Widiyanto, J. (2010). SPSS For Windows untuk analisis data statistik dan penelitian. Surakarta:BP-FKIPUMS.

Kelvianto, Y. E. (2019). Pengaruh Perceived Value, Brand Image Dan Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan

Pradana, R. D. P. F. D. (2016). Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Kepuasan Konsumen Dan Pengaruh Langsung Dan Tak Langsung Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Mahasiswa FEB Untag Di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen, 30(1).

Charles W. Lamb, Joseph. Hair, Carl McDaniel 2001. Pemasaran, Edisi Pertama. Salemba Empat Jakarta.

Jailvand dan Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention. An empirical studyin the automonile. Marketing Intelligence & Planning.