Perencanaan Komunikasi Public Relations dalam Penanganan Krisis (Studi Kasus Weber Shandwick Indonesia)

Main Article Content

Abdul Malik
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

This study discusses how the Public Relations Agency plans in crisis management experienced by its clients. Researchers conducted research on one of the largest Public Relations Agency in the world named Weber Shandwick Indonesia. This research is based on the theory taken from Cutlip. Public Relations planning explained by this cutlip starts from defining a problem, planning and programming, taking action, and finally evaluating the problem. The link between cutlip theory and this research is how Weber Shandwick Indonesia handles its clients in crisis management. This study uses a qualitative research methodology. Application of qualitative research methods with a descriptive approach through observation, interviews, and data analysis. The case study method used in this study is an exploratory case study. The purpose of this exploratory case study method is to find an idea and a perceptual idea related to a real incident. The data validity technique used by researchers in this study uses a technique called data checking or re-confirmation carried out by informants regarding data that has been collected by researchers. The results of the research are knowing Public Relations planning at Weber Shandwick Indonesia, especially when corporate clients are experiencing a crisis and related to the theory used in this study. With this research, it can be concluded that how planning is carried out by a Public Relations Agency in crisis management.


 


Penelitian ini membahas bagaimana perencanaan sebuah Public Relations Agency menangani manajemen krisis yang dialami oleh klien. Peneliti melakukan penelitian terhadap salah satu Public Relations Agency terbesar di dunia yang bernama Weber Shandwick Indonesia. Perencanaan Public Relations yang diterangkan oleh Cutlip ini dimulai dari mendefinisikan suatu masalah, perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan, dan yang terakhir Evaluasi dari masalah tersebut. Kaitannya antara teori cutlip dengan penelitian ini adalah bagaimana Weber Shandwick Indonesia menangani kliennya dalam manajemen krisis. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Penerapan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara, dan analisis data dokumentasi. Metode studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus eksploratoris. Tujuan dari metode studi kasus eksploratoris ini adalah untuk mencari sebuah ide dan gagasan sekalian persepsi terkait sebuah kejadian yang nyata. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan teknik yang disebut dengan checking data atau konfirmasi ulang yang dilakukan oleh narasumber terkait data yang sudah dikumpulkan oleh peneliti.  Hasil penelitian yakni mengetahui perencanaan Public Relations pada Weber Shandwick Indonesia khususnya ketika klien perusahaan sedang mengalami krisis dan dihubungkan dengan teori yang digunakan pada penelitian ini. Dengan penelitian dapat disimpulkan bahwa bagaimana perencanaan yang dilakukan sebuah Public Relations Agency dalam manajemen krisis.

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, M. S., Wahyuni, I. I., Studi, P., Komunikasi, I., & Telkom, U. (2022). Strategi Media Monitoring Pada Pemberitaan Covid-19 Di Media Daring ( Langkah Preventif Biro Humas Pemprov Jabar Dalam Mendeteksi Berita Hoax Mengenai Covid-19) Media Monitoring Strategy On Online News Of Covid-19 ( Preventive Steps for the Bureau of Pub. V(I), 35–43.

Ruliana, P., & Dwiantari, R. (2015). Strategi Public Relations Hotel dalam Membentuk Citra Objek Wisata. Jurnal ASPIKOM, 2(4), 255. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i4.76

Sugiyono. (2017). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Yulianti, W., & Boer, R. F. (2020). Manajemen krisis public relations dalam menangani penolakan imunisasi measles rubella. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 290. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23700