Dampak Public Relations terhadap Perkembangan Media Sosial Kesehatan Gigi Khususnya dalam Klinik Audy Dental

Isi Artikel Utama

Yorita Yorita
Ahmad Junaidi

Abstrak




The development of the times in the era of globalization has also made the use of social media more rapid among the public, especially in Indonesia. Social media is commonplace in everyday life, in this study it discusses how public relations builds reputation on social media, especially Instagram. Based on theories in communication science, including public relations as a management function of public attitudes to improve company reputation through social media, especially Instagram. This study used a quantitative method with data collection methods throughdistributing questionnaires to a target sample of 100 respondents. This study looks at how the relationship between the role of public relations that has been carried out has increased the company's reputation. In this way, this study found that the public relations role that had been carried out on Instagram social media had a good impact on Audy Dental's reputation and the two influenced each other.





Berkembangnya zaman di era globalisasi membuat semakin pesat pula penggunaan media sosial dikalangan masyarakat khususnya di Indonesia. Media sosial menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari, dalam penelitian ini membahas mengenai bagaimana public relations dalam membangun reputasi di media sosial khususnya Instagram. Berlandaskan dengan teori dalam ilmu komunikasi di antaranya yaitu public relations sebagai fungsi manajemen terhadap sikap publik untuk meningkatkan reputasi perusahaan melalui media sosial khususnya Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada target sampel sebesar 100 responden. Penelitian ini melihat bagaimana keterkaitan antara peran public relations yang sudah dilakukan terhadap peningkatan reputasi perusahaan. Dengan begitu, penelitian ini menemukan bahwa adanya keterkaitan peran public relations yang sudah dilakukan di media sosial Instagram telah memberikan dampak baik pada reputasi Audy Dental dan keduanya saling memengaruhi.







Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Juditha, C. (2018). Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation. Jurnal Pekommas, 3(1).

Kasetyaningsih, S. W., & Hartono. (2017). Dampak Sosial Media Terhadap Akhlaq Remaja. Jurnal Ilmiah Tekonologi Informasi, 13, 2086– 9436.http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/515

Lubis, M. S. I. (2018). DAMPAK KOMUNIKASI DAN PERUBAHAN SOSIAL BAGI PENGGUNA INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif bagi pengguna Media Sosial Instagram di Instansi Dinas Pendidikan Sumatera Utara). Jurnal Ilmu Komunikasi.

Maulana, V., & Nellitawati. (2020). Pembinaan Disiplin Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Featured Research 12 SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling,5(1), 12–18. https://jurnal.iicet.org/index.php/schoulid

Natalia, V., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Rebranding dan Kualitas Layanan Terhadap Brand Image Gojek. Jurnal PROLOGIA, 4(2), 221–228.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi DenganPerbandinganPerhitungan Manual dan SPSS. PT. Fajar Inter Pratama. https://books.google.co.id/books?id=IjTMDwAAQBAJ&printsec=frontcover &hl=id#v= onepage&q&f=false

Sugiarto, E. (2016). Analisis Emosional, Kebijaksanaan Pembelian Danperhatian Setelah Transaksi Terhadap Pembentukan Disonansi Kognitif Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda Pada Ud. Dika Jaya Motor Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 1(1), 1–14. https://www.jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/4

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Alfabeta.