Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Natasha Wilona terhadap Brand Image Produk Kecantikan

Main Article Content

Catherine Angelica
Riris Loisa

Abstract




Social media, which is currently active as a means of buying and selling online, raises activities to promote products that will be sold by several public figures who are often called celebrity endorsers. The credibility of a celebrity endorser greatly influences the reputation a company wants to buy. A celebrity endorser is expected to be a spokesperson for the brand and be able to create a good image for the brand itself. Brand image can affect product positioning so that every company always tries to present a different and unique image compared to other similar products. This study aims to see how far the influence of celebrity endorser credibility on the brand image of beauty products. The method used is a quantitative method with accidental sampling technique by distributing questionnaires to 100 respondents using Scarlett Whitening in West Jakarta. Validity, reliability, and normality tests are the requirements for analysis in this study. From these data were analyzed by correlation coefficient test, coefficient of determination test, F test, and T test. The results obtained from this study indicate the credibility of a celebrity endorser has an effect of 51% on the brand image of the advertised product. The most prominent dimension is the "attractiveness" dimension on celebrity endorser credibility (variable X) and the "favorability of brand association" dimension on brand image (variable Y).


 





Media sosial yang saat ini aktif menjadi sarana jual beli online, memunculkan aktivitas mempromosikan produk yang akan dijual oleh beberapa public figure yang sering disebut celebrity endorser. Kredibilitas dari seorang celebrity endorser sangat memengaruhi reputasi yang ingin dicapai oleh perusahaan. Seorang celebrity endorser diharapkan dapat menjadi juru bicara merek dan dapat mampu menciptakan citra yang baik untuk merek itu sendiri. Brand image dapat memengaruhi posisi produk sehingga setiap perusahaan selalu berusaha menampilkan citra yang berbeda dan unik dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap brand image produk kecantikan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik accidental sampling melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden pengguna Scarlett Whitening di Jakarta Barat. Uji validitas, reliabilitas, dan normalitas menjadi persyaratan analisis pada studi ini. Dari data tersebut dianalisis dengan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji T. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan kredibilitas seorang celebrity endorser berpengaruh sebesar 51% terhadap brand image dari produk yang diiklankan. Dimensi yang paling menonjol adalah dimensi “attractiveness” pada kredibilitas celebrity endorser (variabel X) dan dimensi “favorability of brand association” pada brand image (variabel Y).







Article Details

Section
Articles

References

Amilia, S., & Nst, M. O. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 661.

Cholifah, N., Suharyono, S., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 36(1), 170–177.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). In M. Qiara (Ed.), Buku Pemasaran Produk dan Merek (1st ed., Issue August). Research Gate.

Hasil Survei: Produk Skincare Laris Manis Selama Pandemi Covid-19. (2021). Liputan 6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4617944/hasil-survei- produk-skincare-laris-manis-selama-pandemi-covid-19

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Leonardo, L., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Perceived Advertising Value. Prologia, 4(2), 24.

https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6482

Meilina, A. (2021). Analisis Pengaruh Celebrity Endorsement dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening. 3(March), 35.

Sari, M. S., & Palupi, M. (2020). Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran Dan Evaluasi Anggaran Terhadap Kinerja Dinas Pertanian Provinsi Lampung. Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA), 1(1), 1–6.

Wijaya, D., & Vardiansyah, D. (2017). Pengaruh Kredibilitas Beauty Vlogger Abel Cantika Terhadap Minat Beli Produk Lokal “Wardah”. Prologia, 1(2), 22. https://doi.org/10.24912/pr.v1i2.1948