Komunikasi Organisasi dalam Proses Rekrutmen Karyawan pada Perusahaan Startup Qoala

Main Article Content

Carolin Pynkan Sipayung
Sinta Paramita

Abstract




Recruitment is a process carried out to select/sort out prospective employees of a company. This process has the goal of screening human resources in accordance with the vision and mission of the company. In order for the recruitment process to run smoothly, every company needs to choose and establish the right way of communication. Therefore, it is necessary to examine more deeply regarding the communication patterns that occur in the recruitment process at PT Archor Technology Digital (Qoala). The methods used for data collection in this study were interviews, participatory observation, literature study and documentation. The research results obtained show that in the recruitment process there is a flow of organizational communication, namely the flow of communication from the top down, the flow of communication from the bottom up, the flow of horizontal communication and the flow of diagonal communication between Talent Acquisition, Users and Hiring Managers. Then it was found that the communication patterns used in the recruitment process at PT Archor Teknologi Digital (Qoala) were wheel patterns for Talent Acquisition, Users and Hiring Managers, and chain patterns for candidates.


 





Rekrutmen merupakan suatu proses yang dilakukan untuk menyeleksi/memilah kandidat calon karyawan suatu perusahaan. Proses ini memiliki tujuan untuk menyaring sumber daya manusia yang sesuai dengan visi dan misi dari perusahaan. Agar proses rekrutmen berjalan dengan lancar, maka setiap perusahaan perlu memilih dan menetapkan cara komunikasi yang tepat. Oleh karena itu perlu diteliti lebih dalam terkait pola komunikasi yang terjadi dalam proses rekrutmen pada PT Archor Teknologi Digital (Qoala). Metode yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi partisipatif, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam proses rekrutmen terjadi aliran komunikasi organisasi yaitu aliran komunikasi dari atas ke bawah, aliran komunikasi dari bawah ke atas, aliran komunikasi horizontal dan aliran komunikasi diagonal antara Talent Acquisition, User dan Hiring Manager. Kemudian ditemukan bahwa pola komunikasi yang digunakan dalam proses rekrutmen di PT Archor Teknologi Digital (Qoala) adalah pola roda bagi Talent Acquisition, User dan Hiring Manager, dan pola rantai bagi kandidat.







Article Details

Section
Articles

References

Bahri, A. N. (2018). Peran Komunikasi Antar Pribadi Pada Lingkungan Kerja Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 1(1), 128–142. https://doi.org/10.30829/JISA.V1I1.1780

Dwihatmojo, S., Nelwan, O. S., Ch Kawet, R., Ekonomi dan Bisnis, F., & Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, J. (2016). Rekrutmen, Pelatihan Dan Pembagian Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Jati Jaya Meubel Amurang. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 120–129. https://doi.org/10.35794/EMBA.4.1.2016.11569

Faruq, N. S. A. (2022, November 19). Startup Insurtech Qoala Targetkan Pertumbuhan 5 Kali Lipat. Bisnis. Diakses dari https://finansial.bisnis.com/read/20221119/215/1599934/startup-insurtech- qoala-targetkan-pertumbuhan-5-kali-lipat

Indriyanti. (2020). Pola Komunikasi Organisasi Di Kantor Kecamatan Tallo Kota Makassar. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar).

Laili, N. (2019). Pola Komunikasi Organisasi Antara Atasan Dan Bawahan Di PT. Dwikarya Prasetya Nusantara Surabaya. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel).

Laoli, M. V. (2019). Pengaruh Proses Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Artindo Megah Steel Medan. (Skripsi, Universitas Quality).

Sari, W. P. (2022). Riset Komunikasi (1st Ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Utami, L. S. S., & Xiang, C. F. (2022). Aktivitas Komunikasi Organisasi Sebagai Upaya Keberhasilan Implementasi Program Kerja di Masa Pandemi Covid-19. Koneksi, 6(2), 226–235. https://doi.org/10.24912/KN.V6I2.15551