Analisis Semiotika Iklan Pariwisata Labuan Bajo

Main Article Content

Brigitta Pricilia Fongesta
Sisca Aulia

Abstract




The wealth and diversity of Indonesia's nature and culture are endless, making so many tourist destinations that can attract local and foreign tourists. One of them is Labuan Bajo, a city in the eastern part of Indonesia that holds a million natural and cultural beauties. This is also illustrated in the wonderful Indonesia YouTube ad entitled An experience awaits you in Labuan Bajo. This research examines the signs contained in the ad. The author uses qualitative methods and data collection with observation data collection methods, literature studies and documentation. The research studied using Charles Sanders Pierce's semiotics has a sign that can be interpreted into a meaning and message. The advertisement describes the natural and cultural charm of Labuan Bajo which can provide a different experience when tourists visit there. The results of YouTube ad analysis using Charles Sander Pierce's semiotic theory represent the diversity of Indonesia's nature and culture that can attract local and foreign tourists to come to Labuan Bajo.


 





Kekayaan dan keberagaman alam serta budaya Indonesia tidak ada habisnya membuat begitu banyak destinasi wisata yang dapat menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satunya adalah Labuan Bajo, kota di bagian timur Indonesia ini menyimpan sejuta keindahan alam dan budaya. Hal ini juga digambarkan dalam iklan Youtube Wonderful Indonesia yang berjudul “An Experience Awaits You in Labuan Bajo”. Penelitian ini meneliti tanda-tanda yang terdapat dalam iklan tersebut. Penulis menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dengan metode pengumpulan data observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Penelitian yang dikaji dengan menggunakan semiotika Charles Sanders Pierce mempunyai tanda yang dapat diinterpretasikan menjadi sebuah makna dan pesan. Iklan tersebut menggambarkan pesona alam dan budaya dari Labuan Bajo yang dapat memberikan pengalaman yang berbeda saat wisatawan berkunjung ke sana. Hasil analisis iklan Youtube dengan menggunakan teori semiotika Charles Sander Pierce merepresentasikan keberagaman alam dan budaya Indonesia yang dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Labuan Bajo.







Article Details

Section
Articles

References

Fatihudin, D. & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. (Edisi 1). Yogyakarta: Deepublish.

Jaiz, M. (2014). Dasar-dasar Periklanan. (Edisi 1). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lioni, L., & Sari, W. P. (2022). Analisis Fungsi Media Instagram bagi Promosi Felize Beauty Bar. Kiwari, 1(2), https://doi.org/10.24912/ki.v1i2.15606

Mabrukah, R. M. (2018). Analisis Semiotik Makna Berbagi dalam Iklan Aqua Versi “saya Indonesia” di Billboard. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah). Diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42740.

Pratomo, Y. (2019, Mei 16). APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. Kompas. Diakses dari https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa

Sasmita, U. (2017). Representasi Maskulinitas Dalam Film Disney Moana (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Online Kinesik, 4(2), 127–144.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Cetakan 22).Bandung: Alfabeta.