Analisis Fungsi dan Aktivitas Public Relations di Mall Ararasa BSD

Main Article Content

Verina Bellini Haryadi
Wulan Purnama Sari

Abstract

Ararasa Mal BSD is one of the Mals located in the city of BSD. Ararasa BSD Mal is a Mal that stood right in the middle of the Covid-19 pandemic in Indonesia. This study aims to determine the activities, functions and scope of Public Relations activities carried out by Ararasa Mal BSD in establishing relations with the external and internal public. In this study, researchers used the theory of Public Relations in which it explained the functions and scope of Public Relations. This study uses a qualitative approach, and case study methods. In collecting data, researchers used data collection techniques in the form of interviews, observations and documentation. Researchers used source triangulation techniques in processing research data. The results in this study found that Public Relations activities at Ararasa Mal BSD were carried out online and offline. In addition, in the Public Relations function, Ararasa Mal BSD carries out the functions of communicator, relationship, backup management and good image maker to achieve the goals of Ararasa Mal BSD.


 


Mal Ararasa BSD adalah salah satu Mal yang terletak di kota BSD. Mal Ararasa BSD merupakan Mal yang berdiri tepat ketika pertengahan masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan, fungsi dan ruang lingkup aktivitas public relations yang dilakukan Mal Ararasa BSD dalam menjalin relasi dengan publik eksternal dan internal. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Public Relations yang di dalamnya menjelaskan terkait fungsi serta ruang lingkup Public Relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dalam pengolahan data penelitian. Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa kegiatan public relations di Mal Ararasa BSD dilakukan secara online dan offline. Selain itu, dalam fungsi Public Relations, Mal Ararasa BSD menjalankan fungsi komunikator, hubungan (relationship), backup management dan good image maker untuk mencapai tujuan Mal Ararasa BSD.

Article Details

Section
Articles

References

Anam, K. (2021) Pengamat Sebut Kebijakan Pemerintah Tangani Pandemi Sudah Terukur, detikNews.com. Available at: https://news.detik.com/berita/d-5734065/pengamat-sebut-kebijakan-pemerintah-tangani-pandemi-sudah-terukur (Accessed: 24 May 2022).

Batoebara, M. U. and Zebua, D. (2021) ‘Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan’, Network Media, 4(2). doi: 10.46576/jnm.v4i2.1403.

CNN Indonesia (2022) Pertumbuhan Ekonomi RI Capai 5,01 Persen Pada Kuartal I 2022, cnnindonesia.com.

Ganggi, R. I. P. and Nindrapramesti, E. (2021) ‘Persepsi Pemustaka terhadap Penggunaan Skema Klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) Di Perpustakaan Kota Semarang’, Anuva, 5(4). doi: 10.14710/anuva.5.4.591-602.

Hamzah, B., Mulyadi, R. and Amin, S. (2016) ‘Analisis Kenyamanan Termal Ruang Kelas Sekolah Dasar di Kota Makassar Studi Kasus SD Unggulan Toddopuli’, Prosiding Temu Ilmiah IPLBI, (1).

Handayani, I., Indrasari, R. and Sofiatun, S. (2018) ‘Pemodelan Shopping Trips dan Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Suatu Mal sebagai Tempat Berbelanja (Studi Kasus pada Mal di Kawasan Sekitar Jakarta Utara)’, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 1(1). doi: 10.32493/jtsiatsi.v1i1.1946.

Indriyani, A. and Candraningrum, D. A. (2022) ‘Analisis Strategi Marketing Public Relation Kedai Kopi Sijoko’, Prologia, 6(1). doi: 10.24912/pr.v6i1.10261.

Rahmayani, R. et al. (2019) ‘Manfaat Internet Corporate sebagai Media Relations Hotel Java Retro & Suites’, Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Rusandi and Muhammad Rusli (2021) ‘Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus’, Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1). doi: 10.55623/au.v2i1.18.

Sari, S. W. (2020). Peran Public Relations Dalam Membangun Pencitraan Positif Organisasi. Journal Communicare, 1(1).

Sugiyono (2015) Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Sugiyono (2018) ‘Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.’, Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2018) Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.