Perencanaan Komunikasi Pemasaran Pada Bisnis Kuliner (Studi Kasus Restoran Mosh Indonesia Pangkal Pinang)

Isi Artikel Utama

Tomy Andreas
Wulan Purnama Sari

Abstrak

Marketing communication in any business or business is a way of a business itself to introduce a product or service to attract consumers with the ultimate goal of bringing profit or profit for business people. Mosh Indonesia itself is a business engaged in the culinary field, specializing in Korean and Japanese cuisine, which is located in Pangkal Pinang, Bangka Belitung. This research was conducted with the aim of knowing and describing marketing communication planning in the culinary business. The research was conducted using a qualitative approach and case study research methods. Data obtained through interviews and field observations. Based on the results of the study, it was obtained that there were six stages of marketing communication planning carried out by Mosh Indonesia, namely business objectives, strategy, tactics, strategy and tactical implementation, monitoring strategy implementation, and evaluation.


 


Komunikasi pemasaran dalam setiap usaha atau bisnis adalah cara dari sebuah usaha itu sendiri untuk memperkenalkan produk atau jasa guna menarik konsumen dengan tujuan akhir adalah untuk membawa keuntungan atau laba bagi pelaku bisnis. Mosh Indonesia sendiri adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang kuliner, dengan spesialisasi kuliner Korea dan Jepang, yang berlokasi di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan komunikasi pemasaran pada bisnis kuliner. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak enam tahap dari perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Mosh Indonesia, yaitu tujuan bisnis, strategi, taktis, implementasi strategi dan taktis, pemantauan pelaksanaan strategi, dan evaluasi.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Data Industri. (n.d.). “Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman 2011 – 2022”.

Mosh Indonesia (n.d.). “About Us”.

Firmansyah, M. Anang. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran. Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media

K. Yin, Robert. (2013). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Keller. (2016). Marketing management, 15edition. Boston: Pearson Education.

Pribadi, M. A., N. Tandriawan (2021). Peran Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran di Masa Pandemi (Studi Kasus LongTang)

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta