Pemasaran Digital dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus pada Prestige Images Motorcars)

Main Article Content

Ricky Susanto
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

The current tight business competition makes companies do various ways to survive and compete with other companies. One form of marketing strategy that adapts to current conditions is the use of digital media or online media. Prestige Images Motorcars is a holding company that invests in different industries. This study aims to find out how digital marketing is in planning marketing communications carried out by Prestige Images Motorcars. The approach method in this study uses a qualitative research approach and a case study method on Prestige Images Motorcars. This research uses marketing communication theory, marketing communication planning and this research also uses digital marketing concept/theory. The results in this study indicate that Prestige Images Motorcars implements marketing communication planning by paying attention to six (6) important aspects consisting of business goals, strategies (communication objectives, target market, competitors, communication themes, communication channels), tactics, implementation, monitoring, and evaluation. The main focus of Prestige Images Motorcars is to make a profit in the marketing of luxury cars and develop the company in other fields to increase the company's profits.


 


Ketatnya persaingan bisnis saat ini membuat perusahaan melakukan berbagai cara untuk bertahan dan bersaing dengan perusahaan lain. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang menyesuaikan dengan kondisi saat ini yakni berupa pemanfaatan media digital atau media online. Prestige Images Motorcars merupakan sebuah perusahaan induk (holding company) yang berinvestasi pada bidang industri yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana digital marketing dalam perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan Prestige Images Motorcars. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode studi kasus pada Prestige Images Motorcars. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran, perencanaan komunikasi pemasaran serta penelitian ini juga menggunakan konsep/teori digital marketing. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Prestige Images Motorcars menerapkan perencanaan komunikasi pemasaran dengan memperhatikan enam (6) aspek penting yang terdiri dari tujuan bisnis, strategi (tujuan komunikasi, target market, kompetitor, tema komunikasi, saluran komunikasi), taktis, implementasi, monitoring, dan evaluasi. Fokus utama Prestige Images Motorcars adalah menghasilkan keuntungan dalam pemasaran mobil-mobil mewah (luxury car) serta mengembangkan perusahaan di bidang-bidang lainnya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

Article Details

Section
Articles

References

Alaftariasaujana, W. (2021). Peran intmbolik Dalam Peerencanaan Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial (Studi Kasus Intagram @kulinertanjungpinang). Jurnal UNTAR .

Corp, P. (2022). About Prestige Corp. Retrieved 4 5, 2022, from Prestigecorp. http://prestigecorp.co.id/about/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid. 1, Ed. 13. Jakarta: Erlangga.

Yin, R. K. (2014). Studi kasus: Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo.