Pengaruh Terpaan Iklan Pada Platform YouTube terhadap Minat Penggunaan Aplikasi OctaFX

Isi Artikel Utama

Nathania Edlyn Kristiansen
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstrak

Commercial advertising is one of the most important promotion tools for marketing a product or service to the people as a whole. Imagery can be defined as the activity of hearing and seeing informational or emotional messages, and paying attention to messages that may reach individuals or teams. Purchase intention is an individual's desire to buy an item. This study was conducted to determine the impact of OctaFX ad serving on YouTube on interest in using OctaFX. Using a quantitative approach, this research uses and distributes online questionnaires to 100 respondents. This research results that the appearance of OctaFX ads on YouTube has a positive and significant impact on user engagement. This can be seen from the origin of the T test, where H1 is accepted, H0 is rejected. The results of the coefficient of determination analysis share that OctaFX advertising exposure on YouTube has a positive and significant impact of 53.4% ​​on user engagement, while the remaining 46.6% is not included in this study.


 


Iklan komersial ialah alat satu aktivitas kenaikan pangkat yang paling penting buat memasarkan suatu produk atau jasa kepada rakyat secara keseluruhan. Gambaran bisa diartikan sebagai aktivitas mendengar serta melihat pesan informasional atau emosional, dan memperhatikan pesan yang mungkin sampai ke individu atau tim. Minat beli ialah cita-cita individu buat membeli suatu barang. Studi ini dibuat buat mengetahui dampak penayangan iklan OctaFX pada YouTube terhadap minat menggunakan OctaFX. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan dan membagikan kuesioner online kepada 100 responden. Penelitian ini menghasilkan bahwa penampilan iklan OctaFX di YouTube memiliki dampak positif serta signifikan terhadap keterlibatan pengguna. Hal ini terlihat asal yang akan terjadi uji T, dimana H1 diterima H0 ditolak. Hasil analisis koefisien determinasi membagikan bahwa terpaan iklan OctaFX di YouTube memberikan dampak positif dan signifikan sebanyak 53,4% terhadap keterlibatan pengguna, sedangkan sisanya 46,6% tidak dimasukkan pada penelitian ini.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adriani, A. C., & Winduwati, S. (2020). Persepsi Pengguna Kosmetik Focallure terhadap Tayangan Youtube Tasya Farasya. Prologia, 4(2), 257–263.

Dwi, R. A. (2021). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. 2021, 1. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

Etudiante, M. A. N. (2015). Citra Toko Online Dalam Hubungan Kausal Antara Efektivitas Iklan dan Niat Beli Konsumen (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta Penerima Iklan SMS Situs Belanja Online Zalora. co. id). UAJY.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Supriyanto, B. (2020). Dampak Pandemi Covid-19, Ekonomi Indonesia Diperkirakan Pulih 2022. 1. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200427/9/1233454/dampak-pandemi-covid-19-ekonomi-indonesia-diperkirakan-pulih-2022