Pengaruh Konten Instagram @ridistaonline terhadap Minat Beli Konsumen

Main Article Content

Mercius Mercius
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

CV. Ridista is a company that markets computer accessories with high quality and international standards. Besides CV. Ridista also markets other products related to electronic goods. CV. Ridista who manages the @ridistaonline Instagram account to sell products by advertising through Instagram. The researcher aims to get the results of how much influence @ridistaonline content has on consumer buying interest. The researcher applies a quantitative research approach and uses a survey/questionnaire method. The theories and concepts used in this research consist of Marketing Communication, SOR Theory, social media and Content Characteristics. and consumer buying interest. The results show that there is an influence of Instagram content characteristics on consumer buying interest and there is a correlation between the Instagram content characteristics variable and the consumer buying interest variable of 81.9%. So it can be said that the influence of Instagram content on consumer buying interest @ridistaonline is positive.


 


CV. Ridista adalah bisnis usaha yang berjalan dalam fokus pemasaran aksesoris komputer dengan kualitas tinggi dan berstandar internasional. Selain itu CV. Ridista juga memasarkan produk-produk lain yang berhubungan dengan barang elektronik. CV.Ridista yang mengelola akun Instagram @ridistaonline untuk memperjual produk-produk dengan melakukan iklan melalui Instagram. Peneliti bertujuan untuk mendapatkan hasil seberapa besar pengaruh konten @ridistaonline terhadap minat pembelian konsumen. Peneliti menerapkan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode survei/angket. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari komunikasi pemasaran, teori SOR, media sosial, serta karakteristik konten dan minat beli konsumen. Hasil menunjukkan bahwa adanya pengaruh karakteristik konten Instagram kepada minat pembelian konsumen serta adanya korelasi antara variabel karakteristik konten Instagram terhadap variabel minat beli konsumen sebesar 81,9%. Maka dapat dikatakan bahwa pengaruh konten Instagram terhadap minat pembelian konsumen @ridistaonline adalah positif.

Article Details

Section
Articles

References

Aprilia, D. (2021). Komparasi Social Media Strategy Wheel dalam Employer Branding: Studi Kasus pada Akun Instagram @LifeatTelkomsel. Knowledge Center UMN .

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala , 3.

Dahono, Y. (2021, 2 15). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Retrieved 4 7, 2022, from Beritasatu.com: https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

Morrisan. (2012). Metode Penelitian Survei (Edisi Pertama ed.). KENCANA.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noegroho, A. (2010). Teknologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nulufi, K., & Murwatiningsih. (2018). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik Di Pekalongan (Studi Kasus pada Konsumen International Batik Center dan Pasar Grosir Setono). Jurnal Manajemen .

Oktafian, W. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi dan Kredibilitas Sumber terhadap Niat Beli pada Aplikasi Tokopedia di Surabaya dengan Sikap Konsumen sebagai Pemediasi. STIE Perbanas .

Rajczak, K. (2015). Instagram: Kevin systrom and Mike Krieger. New York: Rosen Publishing Group.

Razany, R. F., & Herieningsih, S. W. (2018). Pengaruh Persepsi pada Electronic Word of Mouth (e - WOM) melalui Beauty Vlogger dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Catrice. Interaksi Online .

Rizky, M. F., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis .

Ratih Dewanti, G. S. (2012). Analisis Pendapatan usaha Peternakan Ayam Buras (Studi kasus di Kecamatan Tefalombo, Kabupaten Pacitan). Buletin Peternakan , 36 (1).

Siregar, A. A. (2021). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa Perbankan Syariah Semester 6 IAIN Padangsidimpuan. Jurnal UIN Sumatera Utara , 1 (1).

Social, W. A. (2021, 8 12). Digital 2021: The Latest Insights Into The ‘State of Digital. Retrieved 3 1, 2022, from Digital 2021: The Latest Insights Into The ‘State of Digital: https://wearesocial.com/blog/2021/01/digital-2021-the- latest-insights-into-the-state-of-digital