Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Produk Kosmetik (Studi Pada Followers Instagram Abel Cantika @abellyc)

Main Article Content

Lexys Afiles Fushig
Nigar Pandrianto

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of cosmetology bloggers' approval for interest in purchasing beauty products. This study uses an associative quantitative approach. The population of this survey consists of Instagram followers of @abellyc, with total 1 million followers. The sampling method used in this study is directed sampling. The sample size for this study was 100 calculated using Slovin's formula. A data collection method using questionnaires measured on the likert scale. The data analysis method used was a simple linear regression analysis using SPSS26 software. The result from the data test is Sig. The value is 0.000, the t count is 169.741, and the significance level is & lt. 0.05. Endorsement Beauty Vlogger can be said to have a great influence on the willingness of its followers to buy cosmetics.


 


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persetujuan beauty vlogger terhadap minat pembelian produk kecantikan. Pengetahuan tentang pengaruh persetujuan beauty vlogger terhadap minat membeli kosmetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Populasi survei ini adalah followers Instagram @abellyc, dengan total 1 juta followers. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah direct sampling. Besar sampel untuk penelitian ini adalah 100 yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan software SPSS26. Dari hasil yang diperoleh dari pengujian data, Sig. Nilai 0,000, t-value 169,741, dan tingkat signifikansi < 0,05. Dari sini dapat disimpulkan bahwa rekomendasi dari ahli kosmetik berpengaruh besar terhadap minat beli kosmetik.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraeni, R. D. (2018). Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Make Up Brand Lokal (Survey Pada Peminat Kosmetik LT Pro Yang Dipengaruhi Oleh Video Vlog Ini Vindy di Kota Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Fenny, Riris Loisa. (2021). Pengaruh Endorsement oleh Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Kosmetik. Prologia Vol. 5, No. 1, Maret 2021, Hal 94-100

Fitrianur, I. (2016). Analisis efek penggunaan media sosial line messenger pada remaja di SMK Negeri 1 Samarinda. e-Journal lmu Komunikasi, 4(4), 240-253.

Khuong, M. N. & Duyen, H. T. M. (2016) “Personal Factors Affecting Consumer Purchase Decision towards Men Skin Care Products — A

Kotler, Philip., & Keller, Kevin, L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Puspita, W. D., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Source Characteristics Serta Dampaknya Terhadap Purchase Intention. Jurnal JAB, 47(1), 63-69

Roisah, R., & Al-Biru, M. (2021). Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Celebrity Endorser terhadap Minat Beli (Survey Pada Viewer Video YouTube PIXY Make It Glow akun Tasya Farasya di Kota Bandung). Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(2), 45-53.

Sampurno, N. V., Ciakrawinata, C. P., & Jokom, R. (2019). Pengaruh karakteristik selebriti endorser terhadap minat beli melalui kesadaran merek hotel di Instagram. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), 36-44.

Schiffman, Leon, G. & Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi. Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.