Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Erigo Apparel)

Isi Artikel Utama

Farouq Farouq
Farid Rusdi

Abstrak

The Erigo Apparel brand is a homeland brand founded by Muhammad Sadad in 2013 in Depok, at first the Erigo Apparel brand experienced many ups and downs in its journey to be able to participate in New York Fashion Week. The purpose of this study is to determine how much influence Celebrity Endorsment has on consumers' buying interest in Brand Erigo. Celebrity endorsers are people who have public recognition and use their popularity to influence potential buyers with advertisements. The prospective buyers chosen by the researchers in conducting this research are followers of the Instagram account @erigostore. This research was conducted with the theory of marketing communication, and used a quantitative research approach and conducted a survey of 100 respondents as a sample and used a questionnaire as an instrument in the research used by the researcher. Based on the results found in this study, it was found a positive impact on the Celebrity endorsement (X) on consumer buying interest (Y). celebrity endorsement has an influence on consumer buying interest by 27.3%.


 


Brand Erigo Apparel merupakan suatu brand tanah air yang didirikan oleh Muhammad Sadad pada tahun 2013 di Depok, pada awalnya brand Erigo Apparel ini mengalami banyak pasang surut dalam perjalanannya hingga bisa turut serta dalam New York Fashion Week. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh celebrity endorsment terhadap minat beli konsumen brand Erigo. Celebrity endorsement adalah orang yang memiliki public recognition dan menggunakan popularitasnya agar dapat mempengaruhi calon pembali dengan iklan yang dibuat.  Calon pembeli yang dipilih oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini merupakan followers akun Instagram @erigostore. Penelitian ini dilakukan dengan teori komunikasi pemasaran dan menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif dan melakukan survei terhadap 100 responden sebagai sampel dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen dalam penelitian yang dipakai oleh peneliti. Berdasarkan hasil yang ditemui pada penelitian ini, ditemukan dampak positif pada variabel celebrity endorsement (X) terhadap minat beli konsumen (Y). Celebrity endorsement memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen sebesar 27,3%.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Antara, N. S. (2012). Pengolahan dan Analisis Data. Jurnal Universitas Udayana.

Bustami, A. (2020). Pengaruh Selebriti Endorse (Raisa Adriana) Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Eskrim Magnum Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Islam Malang. University of Islam Malang Repository.

Dewanti, Ratih & Sihombing, G. (2012). Analisis Pendapatan Usaha Peternakan Ayam Buras (Studi Kasus di Kecamatan Tefalombo, Kabupaten Pacitan). Buletin Peternakan, 36(1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Rizky. (2018). Pengaruh presentasi diri dan Health Belief terhadap keputusan membeli pakaian bekas pada mahasiswa di Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati.

Siregar, A. A. (2021). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan. Repository UIN Sumatera Utara.