Strategi Periklanan di Media Online untuk Meningkatkan Brand Trust (Studi Kasus Pada Agensi Periklanan Adconomic)

Main Article Content

Eveline Clara
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

Adconomic is an advertising company that does business digitally and is ready to face today's conceptual business competition. This study aims to determine the advertising strategy on Adconomic in increasing brand trust in consumers. The researcher uses marketing communication theory, marketing communication strategy, advertising, and brand trust. This study uses a qualitative research approach and case studies on the Adconomic company. The results of this study indicate that there are eight elements in the marketing communication strategy implemented by Adconomic, namely; source, translation, message, message channel, receiver, interpretation (decoding), noise, and feedback. A good marketing communication strategy is very important to analyze what kind of marketing communication is right for clients and consumers so that the message can be conveyed clearly. The strength of a good marketing communication strategy must also be aligned with interesting content, so that it can become an advertisement that consumers can glance at.


 


Adconomic merupakan perusahaan periklanan yang melakukan bisnis secara digital serta siap untuk menghadapi persaingan bisnis konseptual saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi periklanan pada Adconomic dalam meningkatkan brand trust pada konsumen. Peneliti menggunakan teori komunikasi pemasaran, strategi komunikasi pemasaran, periklanan, dan brand trust. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dan studi kasus pada perusahaan Adconomic. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat delapan elemen dalam strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Adconomic, yaitu; sumber (source), penerjemahan (encoding), pesan (message), saluran penyampaian pesan (message channel), penerima (receiver), interpretasi (decoding), gangguan (noise), dan umpan balik (feedback). Strategi komunikasi pemasaran yang baik sangat penting untuk menganalisis komunikasi pemasaran seperti apa yang tepat untuk klien maupun konsumen sehingga pesan dapat tersampaikan dengan jelas. Kuatnya strategi komunikasi pemasaran yang baik juga harus diselaraskan dengan konten konten yang menarik, sehingga bisa menjadi suatu iklan yang dapat dilirik oleh konsumen.

Article Details

Section
Articles

References

Adconomic. (2021). Tentang Kami. Adconomic. https://adconomic.com/Tentang-Kami-2/Nang

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Putra, I. W. G. G. P., & Sulistyawati, E. (2019). Peran Brand Trust Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(7). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i07.p12

Taska. (2021). Taska Indonesia | Produsen Tas Spunbond Kekinian | Beranda. Taska. https://taska.co.id/