Analisis Penerapan Etiket Komunikasi Sebagai Bentuk Promosi di Bank Central Asia (BCA) Cabang Hayam Wuruk

Main Article Content

Amelia Fiona Kurniawan
Yugih Setyanto

Abstract




Etiquette is very important in supporting a company's reputation in attracting consumers. The purpose of this research is the application of employee communication etiquette at BCA Hayam Wuruk in providing services to customers and to find out communication etiquette in supporting promotions at BCA Hayam Wuruk. This study uses qualitative methods to understand phenomena from a natural social context that explains a person's social problems from a behavioral point of view. And also this research is only in the form of statements or sentences and uses exploratory research methods. This study uses social exchange theory which is used to explain and predict relationship maintenance. And this theory explains when and why individuals continue and develop personal relationships and when to end other relationships. In addition, this theory also takes into account satisfaction with the relationship you choose to maintain. The conclusion can be drawn is Bank Central Asia Hayam Wuruk Branch has implemented etiquette in communicating in providing services to customers so that customers feel safe and comfortable in conducting transactions at BCA Hayam Wuruk Branch. Because service companies like BCA, etiquette and communication are important things in the company.


 





Etiket sangat penting dalam menunjang reputasi sebuah perusahaan dalam menarik konsumen. Tujuan penelitian ini adalah memahami bagaimana penerapan etiket komunikasi karyawan di BCA Hayam Wuruk dalam memberikan pelayanan kepada nasabah dan untuk mengetahui etiket komunikasi dalam menunjang promosi di BCA Hayam Wuruk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memahami fenomena dari konteks sosial alamiah yang menjelaskan permasalahan sosial seseorang dilihat dari sudut pandang perilaku. Penelitian ini hanya berbentuk pernyataan-pernyataan atau kalimat serta menggunakan metode penelitian eksplorasi. Penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial yang digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi pemeliharaan hubungan. Teori ini menjelaskan kapan dan mengapa individu dalam melanjutkan dan mengembangkan hubungan pribadi serta waktu dalam mengakhiri hubungan yang lain. Selain itu, teori ini juga memperhitungkan kepuasan dengan hubungan yang anda pilih untuk dipertahankan. Kesimpulan yang didapat adalah Bank Central Asia cabang Hayam Wuruk sudah menerapkan etiket dalam berkomunikasi dalam memberikan pelayanan kepada nasabah sehingga nasabah merasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi di BCA Cabang Hayam Wuruk. Karena perusahaan jasa seperti BCA harus menyadari dan memiliki etiket dan komunikasi.







Article Details

Section
Articles

References

Astuti, S. (2015). Analisis Bauran Promosi Dalam Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru Di FKIP UHAMKA Jakarta. Jurnal Utilitas, 1, 1–14. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/utilitas/article/download/4526/1488

Paramitha, V. (n.d.). BAB 3 METODE PENELITIAN. Http://Repository.Unika.Ac.Id, 1–8. Retrieved from http://repository.unika.ac.id/20978/4/14.E1.0119 VANIA PARAMITHA %285.08%29..pdf BAB III.pdf

Sabila, H. (2020). Bab II: Tinjauan Pustaka. UMM Institutional Repository, 1–14. Retrieved from https://eprints.umm.ac.id/82328/3/BAB II.pdf

Sejarah BCA. (n.d.). Retrieved May 20, 2022, from Bank Central Asia website: https://www.bca.co.id/id/tentang-bca/korporasi/Sejarah-BCA

Winata, C. F. (2020). BAB III METODE PENELITIAN. Http://Eprints.Kwikkiangie.Ac.Id, 1–9. Retrieved from http://eprints.kwikkiangie.ac.id/1040/4/60180525 - FELICIA - bab 3.pdf