Efektivitas Line Official Account Fikom Untar terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Aktif Fikom Untar

Isi Artikel Utama

Dhia Azhaar Rohadatul Aissy
Yugih Setyanto

Abstrak




Young people use social media to fulfill their need for information. LINE—one of the most popular social media in Indonesia—which also has another type, namely the LINE Official Account, which allows its users to broadcast messages to all followers of the Faculty of Communication Sciences, Tarumanagara University using a LINE Official Account. This study uses a descriptive quantitative approach. The number of samples is determined by the Slovin formula, so that a sample of 91 active Fikom Untar students who follow the LINE Official Account of Fikom Untar is obtained. Methods of data collection using a questionnaire. The testing process uses validity and reliability as well as testing the correlation coefficient and the coefficient of determination, then linear regression test and t test using the SPSS version 24 program. Then the coefficient of determination is 0.570, which means that there is communication effectiveness in meeting information needs of 57%, while 43 % influenced by other factors.


 





Anak muda menggunakan media sosial untuk memenuhi kebutuhan akan informasi. LINE— salah satu media sosial terpopuler di Indonesia—yang juga memiliki jenis lain yaitu LINE Official Account yang mengizinkan penggunanya untuk menyiarkan pesan kepada semua pengikutnya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara menggunakan LINE Official Account. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin, sehingga didapatkanlah sampel sebanyak 91 orang mahasiswa/i aktif Fikom Untar yang mengikuti LINE Official Account Fikom Untar. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Proses pengujian menggunakan validitas dan reliabilitas serta melakukan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, kemudian dilakukan uji regresi linear dan uji t menggunakan program SPSS versi 24. Maka diperolehlah koefisien determinasi sebesar 0.570 yang artinya terdapat efektivitas komunikasi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi sebesar 57%, sedangkan 43% dipengaruhi oleh faktor lain.







Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi (E. Risanto (ed.)). Andi. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Sistem_Informasi/8VNL DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Anggraeni+Irviani+2017+Pengantar+Sist em+Informasi&pg=PR2&printsec=frontcover

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Elex Media Komputindo. https://www.google.co.id/books/edition/SPSS_24_untuk_Penelitian_dan_Skri psi/hDBIDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Ghozali,+I.+(2018).+Aplikasi+A nalisis+Multivariate+dengan+Program+IBM+SPSS+25+(Kesembilan).+Bada n+Penerbit+Universitas+Diponegoro&printsec=frontcover

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. In T. Surjaman (Ed.), Komunikasi dalam sebuah organisasi. Remaja Rosdakarya.

Fakhrurrazi. (2019). Manajemen Redaksi Pada Portal Berita Www.Lpmdinamika.Co Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Kampus Bagi Mahasiswa Uinsu Skripsi [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/9617/1/Skripsi Full.pdf

Febriana, A. I. D. (2018). Determinasi Teknologi Komunikasi Dan Tutupnya Media Sosial Path. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 86. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i2.948

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23. BPFE Universitas Diponegoro.

Kemp, S. (2021, February 11). Digital in Indonesia: All the Statistics You Need in 2021 — DataReportal – Global Digital Insights. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Line for Business. (n.d.). LINE Official Account. LINE for Business. Retrieved September 8, 2021, from https://lineforbusiness.com/th-en/service/line-oa- features

Priyatno, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. CV. Andi Offset.

Priyatno, D. (2016). Buku Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Gava Media.

Riani, N. (2017). Model Perilaku Pencarian Informasi Guna Memenuhi Kebutuhan Informasi (Studi Literatur). Jurnal Publis, 1(2), 14–20. https://core.ac.uk/download/pdf/291656483.pdf

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sujarweni, W., & Utami, L. R. (2019). The Master Book of SPSS. Anak Hebat Indonesia.

Sunyoto, D. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Refika Aditama.