Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Mempromosikan Coffee Shop The Dancing Birds

Main Article Content

Jessica Novia
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract




The development of technology is increasingly sophisticated, as are the development of communication facilities and sciences such as social media. One of the business people in the West Jakarta area who uses social media as an online promotion media is Coffee Shop The Dancing Birds. Visitors who come, not only can enjoy the coffee flavor, but they can feel another atmosphere. This study aims to describe more deeply about the use of social media Instagram The Dancing Birds in promoting its business. The author uses marketing communication theory because in that theory there are elements used by the author. This research uses a case study method with a descriptive qualitative approach. The results obtained by The Dancing Birds want customers who come to the coffee shop not just to drink coffee, but they want to educate customers about the beans they choose. The Dancing Birds strives to create content with social media that focuses on uploading photos and videos such as Instagram. The Dancing Birds uses Instagram Ads when their weekly turnover is not met. After the Ads, there will be an increase in turnover of 20-40% per week. This shows that Instagram Ads affect promotional activities so as to create an increase in turnover.


 


Semakin hari perkembangan teknologi semakin canggih, begitu pula perkembangan sarana dan ilmu komunikasi seperti media sosial. Salah satu pelaku bisnis di daerah Jakarta Barat yang menggunakan media sosial sebagai media promosi online adalah Coffee Shop The Dancing Birds. Pengunjung yang datang, tidak hanya dapat menikmati coffee flavor, tetapi mereka dapat merasakan suasana lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lebih dalam tentang pemanfaatan media sosial Instagram The Dancing Birds dalam mempromosikan bisnisnya. Penulis menggunakan teori komunikasi pemasaran karena dalam teori tersebut terdapat unsur yang digunakan penulis. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh The Dancing Birds ingin customer yang datang ke coffee shop bukan hanya sekedar minum kopi saja, tetapi mereka ingin mengedukasi customer tentang beans yang mereka pilih. The Dancing Birds berusaha untuk membuat konten dengan media sosial yang fokus pada pengunggahan foto maupun video seperti Instagram. The Dancing Birds menggunakan Instagram Ads pada saat omzet perminggu-nya tidak terpenuhi. Setelah adanya Ads tersebut, akan ada kenaikkan omzet sebesar 20-40% perminggu-nya. Hal ini menunjukkan Instagram Ads mempengaruhi kegiatan promosi sehingga terciptanya peningkatan omzet.




Article Details

Section
Articles

References

Asmaradewi, Yohana. (2019). Peran Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pada Cafe Mas Bro. Semarang: Universitas Semarang.

Augustinah, Fedianty dan Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, Volume 4, Nomor 2, September 2019.

Fahresi, M. (2018). Penggunaan Instagram Dalam Mempromosikan Cafe Cinnamon Sultanalauddin Makassar. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Fikrie, Muhammad. (2021). Berapa Lama Orang Indonesia Main Facebook, WhatsApp, Instagram, TikTok? https://kumparan.com/kumparantech/berapa- lama-orang-indonesia-main-facebook-whatsapp-instagram-tiktok- 1vC4Vi7VJMx diakses pada 16 Desember 2021 pukul 11.03 WIB

Neoh, Gracela, dan Oktavianti, Roswita. (2020). Komunikasi Organisasi Komnas Perempuan dalam Menyikapi Penyelesaian Kasus Pelecehan Seksual. Koneksi Vol. 5, No. 1, Maret 2021, Hal 139-150.

Noparianda, R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Industri Kopi Di Aceh, Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Rizky, Nurul dan Setiawati, S. D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe Sebagai Komunikasi Pemasaran Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 10, No. 2, October 2020.