Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Iklan Online, dan Social Media Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pengikut Instagram @rucas.co Tahun 2021)

Main Article Content

Rizka Sari
Rezi Erdiansyah

Abstract

Social Media needs advertising so that the online hop they run can be widely spread on social media very quickly. Customer loyalty is very important and must be considered by the company, because if the customer is loyal to a particular brand or company, the customer will help promote the company's products. to competitors' products." In this study there are three variables, namely X1 (Customer Satisfaction), X2 (Online Advertising), X3 (Social Media Marketing), Y (Customer Loyalty). Researchers used purposive sampling as many as 115 respondents. Data analysis used by the author is the IBM SPSS Statistics Version 26 program. This application can prove and be useful to help writers as an alternative to find out whether there really is an influence between Rucas.co Customer Satisfaction Variables, Rucas.co Online Advertising, Rucas.co Social Media Marketing on Rucas.co Customer Loyalty. The results of this study prove that customer satisfaction, online advertising, and social media marketing influence the Rucas.co Customer Loyalty variable.


 


Media Sosial membutuhkan iklan agar onlinse hop yang mereka jalankan dapat tersebar luas di Media Sosial dengan sangat cepat. Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh perusahaan, karena jika pelanggan sudah loyal kepada suatu brand atau perusahaan tertentu maka pelanggan akan membantu mempromosikan produk perusahaan memiliki prioritas di hati para pelanggan setia dan kemungkinan kecil untuk pelanggan berpaling kehati yang lainnya, khususnya berpaling ke produk perusahaan kompetitor.” Pada Penelitian kali ini terdapat tiga Variabel yaitu X1 (Kepuasan Pelanggan), X2 ( Iklan Online), X3 ( Social Media Marketing),  Y ( Loyalitas Pelanggan ). Peneliti menggunakan purposive sampling sebanyak 115 responden. Analisis Data yang digunakan penulis yaitu program IBM SPSS STATISTICS VERSI 26. Aplikasi ini bisa membuktikan dan bermanfaat untuk membantu penulis sebagai alternative untuk mengetahui apakah benar ada pengaruh antara Variabel Kepuasan Pelanggan Rucas.co, Iklan Online Rucas.co, Social Media Marketing Rucas.co terhadap Loyalitas Pelanggan Rucas.co. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kepuasan pelanggan, iklan online, dan social media marketing berpengaruh terhadap variabel Loyalitas Pelanggan Rucas.co.

Article Details

Section
Articles

References

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Soedarmo H. 2006. Menjadi Kaya dengan UKM Otomotif Roda Dua. Jakarta: Kawan Pustaka.

Tuten, Tracy L. (2008). Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World. USA: Greenwood Publishing Group.

Weinberg, Tamar. (2009). The New Community Rules: Marketing on the Social Web. USA: O’Reilly Media, Inc.