Peran Public Relations dalam Pembangunan Brand Image Melalui Instagram Holywings

Main Article Content

Angelia Christy
Yugih Setyanto

Abstract

Holywings is a company engaged in the food and beverage sector and was found in 2014 by PT Aneka Bintang Gading. Holywings offers an attractively packaged beerhouse, nightclub and lounge concept. Holywings itself has three outlets, namely Holywings Club outlets, Holywings Bar, and Holywings Restaurant. In meeting consumer needs, Holywings certainly strives to always maintain trust, lest consumers be disappointed. If the Holywings brand image increases in public, then it cannot be separated from the role and function of Holywings Public Relations itself. The image of Holywings varies according to public perception because it relates to it individually. The purpose of this study was to determine the role of Public Relations in building brand image through Holywings Instagram. This research method uses qualitative research methods. This research is using qualitative approach. The research was conducted by conducting interviews with Ervin Julio as Creative Director of Holywings Indonesia, Thomas Billie and Leonny Paulani as followers of Instagram @Hoywingsindonesia.


 


Holywings merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang food and beverage dan didirikan tahun 2014 oleh PT Aneka Bintang Gading. Holywings menawarkan sebuah konsep beer house, klub malam, dan lounge yang dikemas secara atraktif. Holywings sendiri memiliki tiga gerai, yaitu gerai Holywings Club, Holywings Bar, dan Holywings Restaurant. Dalam memenuhi kebutuhan konsumen tentulah Holywings dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan jangan sampai konsumen kecewa. Apabila dikaitkan dengan peningkatan brand image Holywings di mata masyarakat, maka hal itu tidak terlepas dari peran dan fungsi Humas Holywings itu sendiri.  Citra Holywings berbeda-beda menurut persepsi masyarakat karena hal ini berkaitan dengan penilaian secara individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Public Relations dalam pembangunan brand image melalui Instagram Holywings dan mengetahui kendala yang dihadapi Humas dalam pembangunan brand image melalui Instagram Holywings. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini meupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara pada Ervin Julio selaku Creative Director Holywings Indonesia, Thomas Billie dan Leonny Paulani selaku pengikut instagram @Hoywingsindonesia.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Angelia Christy, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ardianto, Elvinaro. (2011). Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Evans, Dave. (2008). Social Media Marketing. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Gimeno-Gilles, C., Lelièvre, E., Viau, L., Malik-Ghulam, M., Ricoult, C., Niebel, A., Leduc, N., Limami, A. M., Schmidt-Lebuhn, A. N., Fuchs, J., Hertel, D., Hirsch, H., Toivonen, J., Kessler, M., Loureiro, J., Lavania, U. C. U. C., Srivastava, S.,

Lavania, S., Basu, S., … Yao, J. L. (2016). 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析. Euphytica, 18(2), 22280.

Nova, Firsan. (2011). Crisis Public Relations: Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra, dan Reputasi Perusahaan. Jakarta:Rajawali Pers.

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tamara, J., & Setyanto, Y. (2018). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi). Prologia, 2(2), 377-384.

Yosephine, M., & Diniati, A. (2021). Strategi Public Relations Sinar Mas Land dalam membangun brand image perusahaan. Profesi Humas, 5(2): 208-228.