Fungsi Public Relations Harvest dalam Membangun Reputasi Perusahaan

Main Article Content

Andri Andri
H. H. Daniel Tamburian

Abstract

In the business industry, the word competition has become a common thing that will happen. The pioneers of the company who continue to grow, pose challenges to companies, especially old companies, in maintaining their existence in the community. The role of public relations in the company is to bridge the gap between the company and the audience or the media if there is a conflict within the company, while internal affairs are directly related to the image and public relations of the company, so the role of public relations is very necessary. Companies can not only depend on top management or employees, but the whole company has the same responsibility. Communication processes are needed that underlie the formation in maintaining the company's reputation. The existence of Public Relations in the company is able to touch and break through social aspects and public interests, always showing something positive in realizing a good company reputation for the benefit of the company. Researchers used descriptive qualitative research methods through case studies with data collection methods of interviews, observations, and literature studies. The results of this study indicate that Harvest has Public Relations who do various ways to build the reputation of Harvest.


 


Dalam industri bisnis, kata persaingan sudah menjadi hal umum yang akan terjadi. Para perintis perusahaan yang tak henti berkembang, memberi tantangan kepada para perusahaan khususnya para perusahaan lama dalam mempertahankan eksistensinya di tengah masyarakat. Peran humas dalam perusahaan untuk menjembatani kesenjangan antara perusahaan dengan khalayak atau media jika terjadi konflik di dalam perusahaan, sedangkan  urusan internal berkaitan langsung dengan citra dan humas perusahaan, sehingga perannya dari hubungan masyarakat sangat diperlukan. Perusahaan tidak bisa hanya bergantung pada manajemen puncak ataupun karyawan saja, melainkan keseluruhan dari perusahaan memiliki tanggung jawab yang sama. Diperlukan proses-proses komunikasi yang mendasari pembentukan dalam mempertahankan reputasi perusahaan.  Keberadaan public relations dalam perusahaan mampu menyentuh dan menerobos aspek sosial dan kepentingan publik, selalu menampilkan sesuatu yang positif dalam mewujudkan reputasi perusahaan yang baik demi kepentingan perusahaan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui studi kasus dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Harvest memiliki public relations yang melakukan berbagai cara untuk membangun reputasi dari Harvest.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Andri Andri, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

H. H. Daniel Tamburian, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abdullah, I. A. (2009). Manajemen Konferensi dan Public Relations. Yogyakarta: Gajah Mada University Public Relations.

Kriyantono, Rahmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.

Sukmadinata, n. s. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.