Strategi Komunikasi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta dalam Melakukan Fundraising

Main Article Content

Virya Pratama
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

In money politics, it is quite common, therefore you need to prepare sufficient funds. To get a better loan, you can use one of the methods, namely fundraising. To achieve the success of fundraising, a communication strategy is needed, the other components of course need the mass media as a channel for disseminating the information. This study discusses the communication strategy used by the Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta in fundraising. The theory underlying this research is the theory of communication strategy proposed by Middleton, Onong, Tatham, Seyitoglu and Yuzbasioglu; mass media theory by Adler & Rodman. The approach used is descriptive qualitative with case study method. The resource person for this research was the head of the PSI Jakarta DPW to obtain primary and secondary data through interviews and documentation. The data obtained through the process of processing, analyzing, presenting, and checking the validity of the data. The results of this study indicate that the Indonesian Solidarity Party uses a variety of six strategies, three communication concepts and three types of mass media to achieve the success of fundraising.


 


Di dalam politik uang adalah hal yang cukup lumrah oleh karena itu anda perlu mempersiapkan dana yang cukup. Untuk mendapatkan pinjaman yang lebih baik anda dapat memanfaatkan salah satu metode yaitu fundraising. Untuk mencapai keberhasilan dari fundraising dibutuhkan strategi komunikasi, komponen lainnya tentunya dibutuhkan media massa sebagai saluran untuk menyebarkan informasi tersebut. Penelitian ini membahas strategi komunikasi yang digunakan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta dalam melakukan fundraising. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori strategi komunikasi yang dikemukakan oleh Middleton, Onong, Tatham, Seyitoglu dan Yuzbasioglu; teori media massa oleh Adler & Rodman. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Narasumber yang diambil untuk penelitian ini adalah ketua DPW PSI Jakarta untuk mendapatkan data primer dan data sekunder melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui proses pengolahan, analisis, penyajian, serta pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Partai Solidaritas Indonesia menggunakan berbagai enam macam strategi, tiga konsep komunikasi dan tiga jenis media massa untuk mencapai keberhasilan dari fundraising.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Virya Pratama, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. (E. D. Lestari, Ed.) CV Jejak.

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Rineka Cipta.

Robert K. Yin. (2019). Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo.