Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Sepatu Ventela terhadap Loyalitas Konsumen

Main Article Content

Christopher Nehemia Dien
Rezi Erdiansyah

Abstract

People wear many kinds of fashion, one of which is shoes. Shoes are one of the most conspicuous fashion items in the eyes of the public, resulting in many shoe brands circulating. With so many shoe brands, companies must be able to maintain the loyalty of their customers. Knowing and analyzing whether there is an effect of Service Quality (X1) and Brand Image (X2) on consumer loyalty to Ventela shoe products is the purpose of this study. Quantitative approach is also used in this study. Consumers who know, own and wear Ventela shoes are the population of this study, and the sample is 100 respondents. Purposive sampling technique is the technique used to collect data in this study. Data collection is conducted by distributing questionnaires. To answer the problem formulation, there are several data tests that are used, namely testing the validity of a data, reliability testing, normality testing of data, Multiple Linear Regression Analysis, Coefficient of Determination testing, Simultaneous testing, T-test and from all the resulting data can show that the quality service and brand image affect consumer loyalty.


 


Masyarakat memakai banyak macam – macam fashion, salah satunya adalah sepatu. Sepatu adalah salah satu barang fashion yang paling mencolok dimata masyarakat, mengakibatkan banyak merek sepatu yang beredar. Dengan banyaknya merek sepatu membuat perusahaan harus bisa mempertahankan loyalitas dari konsumennya. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek sepatu ventela terhadap Loyalitas konsumen” Skripsi ilmu komunikasi  Universitas Tarumanagra. Dibimbing oleh Bapak Rezie Erdiansyah. Mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh Kualitas Pelayanan(X1) dan Brand Image(X2) pada loyalitas konsumen pada produk sepatu Ventela adalah tujuan dari penelitian ini. Pendekatan Kuantitatif juga dipilih pada penelitian ini.  Konsumen yang mengetahui, memiliki dan memakai sepatu Ventela adalah populasinya, dan sampelnya 100 responden. Teknik purposive sampling digunakan untuk mengambil data penelitian. pengumpulan data dengan cara membagikan kuesioner. Untuk menjawab rumusan masalah ada beberapa pengujian data yang digunakan yaitu pengujian validitas sebuah data, pengujian Reliabilitas, Pengujian kenormalan sebuah data, Analisis Regresi Linear Berganda, pengujian Koefisien Determinasi, Uji simultan, Uji T dan dari semua data yang dihasilkan dapat menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Christopher Nehemia Dien, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alfi Ranita Sinaga. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pelanggan KFC Metrocity Pekanbaru). 1–19.

Amelia, R. E. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Produk Spring bed Merek Kangaroo di Toko Prioritas, Pekanbaru). Jurnal Prologia FIKOM UNTAR, 229–235. file:///D:/DAFTAR PUSTAKA/Loyalitas pelanggan Pak Rezie.pdf

Fajarianto, B., & Lubis, N. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan ( studi kasus pada CV . AHASS Sahabat Sejati Motor Tembalang Semarang ) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Ke. Diponegoro Journal Of Social And Politic. File:///D:/Daftar Pustaka/Penelitian Terdahulu Fajarianto.Pdf

Gadau, M. (2016). Citra Merek ( Brand Image ) Terhadap Studi Kasus Pada Produk Body Mist The Body Shop Di Ambarukmo Plaza Skripsi Pengaruh Citra Merek ( Brand Image ) Terhadap Studi Kasus Pada Produk Body Mist The Body Shop di Ambarukmo Plaza. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Nugroho, F. Y. (2012). Pengaruh Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Perilaku Konsumen Rumah Makan Gudeg Pawon Di Janturan Umbulharjo). 18.

Pelayanan, K., Kepuasan, T., Marlin, O., & Jember, C. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan optik marlin cabang jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 3(1), 61–80.

Pradipta, D. A. A. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Pt Pertamina (Persero) Enduro 4t Di Makassar. Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar, 71. File:///D:/Daftar Pustaka/brand image 3.pdf

Septian, R. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Sepatu Converse. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2, 92.

Suwandi, Sularso, A., & Suroso, I. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pos Ekspres Di Kantor Pos Bondowoso Dan Situbondo. JEAM Vol XIV April 2015, XIV(April 2015), 68–88.