Analisis Pengaruh Iklan Blackpink terhadap Minat Belanja Online Pada Komunitas Blink

Main Article Content

Fransisca Fransisca
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

In nowadays digital era, advertisements can be said to be a daily spectacle for Indonesian people, advertisements never look at people.  Advertising aims to attract the attention of large audiences.  So that why, many large companies are willing to hire foreign/domestic artists to promote their products. Metodes that researchist use in here are explanative studies in quantitatives research. The objectives of the research are; 1) to find out how communication science students evaluate the shopee blackpink advertisement.  2.) to find out how much influence a company's brand ambassador has in attracting people's buying interest.  3.) This research for knowing the effectiveness of the media used by a company to disseminate advertisements for the company's products. Researchist using SOR and AIDCA theory for this reserach. And researchist using Creative Advertising concept (storyline, setting and location, models or characters, music, message content, slogans) and Interest Buying concept.  Social media on online shopping buying interest.


 


Di era digital seperti sekarang iklan bisa dikatakan sebagai tontonan sehari hari masyarakat Indonesia, iklan tidak pernah memandang kalangan. Iklan bertujuan untuk menarik perhatian khalayak banyak. dengan demikian, banyak sekali perusahaan besar yang rela untuk menyewa para artis luar/dalam negeri untuk mempromosikan hasil produksinya. Metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif menjadi pilihan peneliti untuk penelitian ini. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan meliputi ; 1) untuk mengetahui penilaian mahasiswa ilmu komunikasi terhadap iklan shopee blackpink. 2.) untuk mengetahui besar pengaruh brand ambassador yang dimiliki oleh suatu perusahaan dalam menarik minat beli orang-orang. 3.) penelitian ini juga bertujuan mengetahui sejauh mana keefektifan media yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menyebarluaskan iklan produk perusahaan. Teori yang peneliti gunakan pada penelitian ini yaitu SOR dan AIDCA. Kemudian konsep Kreatif Iklan (alur cerita, setting dan lokasi, model atau tokoh, musik, isi pesan, Slogan) dan Konsep Minat Beli menjadi kelanjutan dari teori ini. Penelitian ini mendapati adanya pengaruh Iklan shopee yang melibatkan girl band korea ternama yaitu blackpink di media sosial terhadap minat beli belanja online.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fransisca Fransisca, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Moehammad Gafar Yoedtadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ramalingam, V., Palaniappan, B., Panchatham, N. & Palanivel, S., (2006). Measuring Advertising Effectiveness: A Neural Network Approach. Journal of Business Research, Volume 31, 159-163.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sundari, Z. A. (2018). Begini Antisipasi Kerusuhan Penonton di Konser Blackpink. Diakses dari https://www.liputan6.com/showbiz/read/3799100/begini-antisipasi-kerusuhan-penonton-di-konser-blackpink

Widodo, Erna, dan Mukhtar. (2000). Konstruksi Ke Arah Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: Avirouz.