Perubahan Strategi Periklanan Nasional di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Ozzigeno Studio Digital Agency Jakarta)

Main Article Content

William Muliawan
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Currently as we know from the early years of 2020 until now the world is being hit by a major crisis due to the Covid-19 pandemic which has made changes and adjustments in people's daily activities. This led to an adjustment of advertising strategy in dealing with these problems. The purpose of this research is to find out what changes in advertising strategies are used by Ozzigeno Studio Digital Agency during the Covid-19 pandemic. This study analyzes the strategy used by Ozzigeno Studio Digital Agency using the marketing communication mix. This research is a qualitative research using case study analysis method with data collection techniques such as interviews, observation, and documentation. The subjects of this research are strategic planner and Social Media Assistant, and Content Creator from Ozzigeno Studio Digital Agency. The object of this research is the advertising strategy applied by Ozzigeno during the Covid-19 pandemic. Based on the results of this study, it shows that in this Covid-19 pandemic situation, Ozzigeno Studio Digital Agency managed to make adaptations that resulted in better work than before the Covid-19 pandemic began. What has been done by Ozzigeno Studio Digital Agency is a very successful action and is driven by a situation that requires more digital content to reach its audience so that advertising activities can continue and sales run well and according to expectations.


 


Saat ini seperti yang kita ketahui  dari tahun awal tahun 2020 sampai saat ini dunia sedang dilanda krisis besar karena adanya pandemi Covid-19 yang membuat adanya perubahan dan penyesuaian dalam aktifitas masyarakat sehari – hari. Hal ini menyebabkan adanya penyesuaian strategi periklanan dalam menghadapi masalah tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan strategi periklanan seperti apa yang digunakan Ozzigeno Studio Digital Agency selama masa pandemi Covid-19 ini berlangsung. Penelitian ini menganalisis strategi yang digunakan oleh Ozzigeno Studio Digital Agency menggunakan bauran komunikasi pemasaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang teknik pengumpulan data yang seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah strategic planner dan Social Media Assistant, dan Content Creator dari Ozzigeno Studio Digital Agency. Objek dari penelitian ini adalah strategi periklanan yang diaplikasikan oleh Ozzigeno di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam situasi pandemi Covid-19 ini Ozzigeno Studio Digital Agency melakukan adaptasi yang menghasilkan pekerjaan yang lebih baik dibanding sebelum masa pandemi Covid-19 dimulai. Apa yang dilakukan oleh Ozzigeno Studio Digital Agency termasuk tindakan yang sangat berhasil dan didorong dengan keadaan yang memerlukan konten digital lebih banyak guna untuk menyentuh audiensnya agar kegiatan periklanan tetap bisa berjalan dan penjualanpun berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

William Muliawan, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arista, D., & Sri, R. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Aset, 13(1), 37–45.

Herlin, G., & Sukendro, G. G. (2020). Analisis Peran Komunikasi Visual Art Band Fourtwnty Sebagai Media Promosi. Prologia, 4(1), 167. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6467

Jamil, N. A., Kurnia, A. D., & Jalaludin, J. (2020). Analisis Mekanisme Praktik Jual Beli Followers Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Media Sosial Instagram. EKSISBANK: Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan, 4(1), 82–94. https://doi.org/10.37726/ee.v4i1.101

Rapitasari, D. (2016). Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan. Jurnal Cakrawala, 10(2), 107–112. http://www.cakrawalajournal.org/index.php/cakrawala/article/view/36

Ricko, R., & Junaidi, A. (2019). Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube (Studi Kasus Froyonion). Prologia, 3(1), 231. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6245

Tamara, J., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi). Prologia, 2(2), 377. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3715

Tasruddin, R. (2015). Strategi Promosi Periklanan Yang Efektif. Al-Khitabah, 2(1), 107–116.

Wijaya, A., & Loisa, R. (2019). Bauran Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Resto Ahwa). Prologia, 3(1), 23. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6118

Yohanes, Y., & Sari, W. P. (2019). Analisis Bauran Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Loyalty Bar Kopi Seru. Prologia, 3(1), 299. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6254