Pengaruh Tagline Shopee “Gratis Ongkir” terhadap Minat Beli

Main Article Content

Alvina Damaiyanti Mulyawan
Sisca Aulia

Abstract

Technological innovation is growing rapidly in modern times, it cannot be denied that the trend of buying and selling online as a tool to meet needs. Shopee is an e-commerce platform that offers a variety of products. In an advertising campaign that is often used is the tagline, the tagline is used by companies for promotions to give an impression to consumers. Likewise with Shopee, Shopee offers free shipping which is then used as a tagline and included in various advertisements and events. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of Shopee's "gratis ongkir tagline on people's buying interest. This study uses a quantitative approach with a survey method. In this study, the population of consumers who live in DKI Jakarta and are aged 15-50 years is selected by using data collection techniques by distributing surveys to 100 respondents. The data obtained were then analyzed by validity test, reliability test, simple linear regression test t test and r test. The results of the study based on the t value, it is known that the t count is 10,093 > t table 1,987, so it can be concluded that the tagline variable "gratis ongkir (X) affects the buying interest variable (Y), then this study also shows that there is an effect of the Shopee tagline "free shipping". against buying interest up to 50.5%.


 


Inovasi teknologi berkembang pesat di zaman moderen, hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa trend jual beli online sebagai alat memenuhi kebutuhan. Shopee merupakan e-commerce yang menawarkan berbagai produk barang yang ditawarkan. Dalam sebuah iklan kampanye yang sering dipakai adalah Tagline, tagline digunakan perusahaan-perusahaan untuk promosi dmemberikan kesan kepada konsumen. Begitu juga yang dilakukan Shopee, Shopee melakukan penawaran gratis ongkir yang kemudian digunakan sebagai tagline dan dicantumkan di berbagai iklan dan acaranya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya pengaruh tagline “gratis ongkir” Shopee terhadap minat beli masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pada penelitian ini memilih populasi para konsumen yang berdomisili di DKI Jakarta dan berumur 15-50 tahun dengan teknik pengumpulan data menyebarkan survei kepada 100 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji validitas, uji realibilitas, uji regresi linear sederhana uji t dan uji r. Hasil penelitian berdasarkan nilai t diketahui t hitung sebesar 10.093 >  t tabel 1.987, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel tagline “gratis ongkir” (X) berpengaruh terhadap variabel Minat Beli (Y), kemudia penelitian ini juga menunjukan terdapat pengaruh tagline “gratis ongkir” Shopee terhadap minat beli hingga 50,5%.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Alvina Damaiyanti Mulyawan, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sisca Aulia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris : Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. 2(4), 697–709.

Chaidir, M., Prakoso, C. T., & Boer, K. M. (2018). Pengaruh Tagline Iklan Yamaha “Semakin Di Depan” Terhadap Kesadaran Merek Pada Masyarakat Kecamatan Samarinda Ulu Di Kota Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 6(1), 393. ejournal.ilkom.fisip-unmul.org

Hermawan, H. (2017). Jurnal kajian media. 1(2), 166–176.

Indrawan, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Refika Aditama.

M. Kurniawan, N. S. H. H. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan PT. Berlian Bersaudara Propertindo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(1), 43–49. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EGMK/article/view/298/302

Pradana, Mahir. (2015). “Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce.” Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce Di Indonesia 9(2): 32–40.

Rahmayanti, I., & Fajar, A. (2020). Sosiopragmatik imperatif iklan pada media sosial. 3, 79–86.

Setiawati, M. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengaraian Diajukan. 1.

Sujiantari, N. K. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 7(2), 1–10.

Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169