Komunikasi Pemasaran Bisnis Daring Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Reseller Produk Kosmetik Bellshops)

Isi Artikel Utama

Irene Angelina
Roswita Oktavianti

Abstrak

Online business is a business that is carried out using the internet and is carried out through social media as a tool to introduce or sell products that you want to market. In this study, the researcher raised the topic of marketing communications in the Bellshops online business. Bellshops is one of the online business in the cosmetic field that uses social media as a promotional medium. This study uses a qualitative approach with a case study method conducted on Bellshops social media. Data collection is done by interview technique. The results of this study indicate that the marketing communication carried out by Bellshops in increasing buying interest through social media is considered effective. The marketing communications carried out by Bellshops through social media are in the form of interesting and informative content. other than through content, Bellshops carries out various promotional activities such as endorsements, discounts, giveaways, and so on.


Bisnis daring atau biasa disebut dengan bisnis online merupakan bisnis yang dilakukan menggunakan internet dan dilakukan melalui media sosial sebagai alat untuk memperkenalkan atau menjualkan produk yang ingin dipasarkan. Pada penelitian ini, peneliti mengangkat topik menggenai komunikasi pemasaran pada bisnis daring Bellshops. Bellshops merupakan salah satu bisnis daring dalam bidang kosmetik yang menggunakan media sosial sebagai media promosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan pada media sosial Bellshops. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan Bellshops dalam meningkatkan minat beli melalui media sosial berupa konten-konten yang menarik dan informatif. Selain melalui konten-konten, Bellshops melakukan berbagai kegiatan promosi seperti endorsement, diskon, giveaway, dan sebagainya.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Irene Angelina, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi 

Roswita Oktavianti, universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi 

Referensi

Farida, Hanum. (2019). Bisnis Online Indonesia Menarik Minat Kalangan Muda. 4(1).

Fill, C. (2013) Marketing Communication: Brands. Experiences And Participation. /7th Ed. London: Pearson, 2016. 760 P.

Loekamto, A. (2000). Implementasi Technology Acceptance Model ( TAM ) Dalam Online Shopping.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatma Publishing

Moleong Lexi J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Panuju, R. (2019). Komunikasi Pemasaran: Pemasaran Sebagai Gejala Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media

Setiawan, Daryanto. (2017). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact Of Information Technology Development And Communication On. Jurnal Pendidikan, X(2), 195–211.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yuliana, O. Y. (2000). Penggunaan Teknologi Internet Dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 36–52. Https://Doi.Org/10.9744/Jak.2.1.Pp.36-52.

Yatri, I. K., (2009) Komunikasi Bisnis: Membangun Hubungan Yang Baik Dan Kredibilitas. Bogor: IPB Press.