Strategi Public Relations dalam Membangun Citra terhadap PT. Mitra Komunika Setya

Main Article Content

Albeth Putra Setia
Yugih Setyanto

Abstract

An organization or agency needs to form a positive image through several ways, one of which is using a Public Relations strategy. Public Relations has an important role in building the image of a company and uses as a bridge between the company, the community, clients, and also internal members of the company. The purpose of this study was to determine the use of Public Relations strategy in building a positive image between service users' clients towards PT. Setya Communication Partners. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. The activities carried out to collect the following data are based on field observations, interviews, and documentation, which are then analyzed. The resource persons used in this study were as many as three people, namely the company director, company Public Relations and company supervisor. From the results of the study, it was found that the strategy used in forming the image is to approach perception and cognition which can increase image growth and also the selling value by clients of PT. Mitra Komunika Setya by building an image based on experience and providing solutions to service user clients. Thus PT. Mitra Komunika Setya can build a good image with clients,and can influence behavior, decisions, and also gain trust from clients and external parties through communication made by Public Relations through a perception approach strategy.


Suatu organisasi atau instansi perlu membentuk citra positif melalui beberapa cara, salah satunya menggunakan strategi Public Relations. Pubic relations berperan penting dalam membentuk citra suatu perusahaan dan berperan sebagai penghubung antara perusahaan terhadapt masyarakat, klien, dan juga anggota internal perusahaan. Penelitian ini dilakukan agar dapat membangun citra yang positif melalui strategi Public Relations PT. Mitra Komunika Setya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data berikut berdasarkan observasi di lapangan, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian di analisa. Narasumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak tiga orang, yaitu Direktur perusahaan, Public Relations perusahaan dan Supervisor perusahaan. Dari hasil penelitian didapat strategi yang digunakan PT. Mitra Komunika Setya dalam membentuk citra adalah melakukan pendekatan persepsi dan kognisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan citra dan juga nilai jual oleh klien terhadap PT. Mitra Komunika Setya dengan membangun citra berdasarkan pengalaman dan memeberikan solusi kepada klien pengguna jasa. PT. Mitra Komunika Setya dapat membangun citra baik dengan para klien, serta dapat mempengaruhi tingkah laku, keputusan, dan juga memperoleh kepercayaan dari klien dan pihak eksternal melalui komunikasi yang dilakukan oleh Public Relations melalui strategi pendekatan persepsi.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Albeth Putra Setia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Gumilang, Galang Surya. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Ishaq, R. E. (2017). Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: Intrans Publishing.

Kriyantono, Rachmad. (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

Mudjia, Rahardjo. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif Konsep dan Prosedurnya. Jurnal Ilmiah, 1(2).

Nova, Firsan. (2012). Crisis Public Relatons Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruben, Stewart. (2013). Komunikasi Dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ramdhani, Sapitri, J. E., & Rizkyansyah, M. (2018). Sistem Informasi Penyewaan peralatan Event Organizer Berbasis Web pada PT.

Adecon Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).