Pengaruh Viral Marketing dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Ibu Rumah Tangga di Jakarta Barat

Isi Artikel Utama

Cecilia Novia Ardianti
Rezi Erdiansyah

Abstrak

This study, entitled The Effect of Viral Marketing, Celebrity Endorsers on Housewives' Buying Interests in West Jakarta, aims to find out how much influence Viral Marketing and Celebrity Endorser have on housewives' buying interest in West Jakarta, due to technology that is increasingly developing and does not recognize user age limit. Seta is proven by the many uses of celebrity endorsers in marketing communications. This study uses marketing communication theory and word of mouth with descriptive research methods in the form of surveys with questionnaires as the main data source in data collection. The results of this study indicate that viral marketing has a high influence on the buying interest of housewives in West Jakarta, as well as celebrity endorsers have a high influence on the buying interest of housewives in West Jakarta. This research can be used as a reference for companies and brands to improve marketing communications, especially for businesses that have a target market for housewives by using viral marketing and celebrity endorsers.


 


Penelitian yang berjudul Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Ibu Rumah Tangga di Jakarta Barat ini bertujuan untuk mencari tahu seberapa besar pengaruh nya Viral Marketing dan Celebrity Endorser terhadap minat beli Ibu rumah tangga di Jakarta Barat, dikarenakan teknologi yang semakin berkembang dan tidak mengenal batas umur penggunanya. Seta terbukti dengan banyaknya penggunakan celebrity endorser dalam komunikasi pemasaran.Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran dan word of mouth dengan metode penelitian deskriptif berupa survei dengan kuesioner sebagai sumber data utama dalam pengumpulan data.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Viral marketing berpengaruh tinggi terhadap minat beli Ibu rumah tangga di Jakarta Barat, begitupun dengan celebrity endorser berpengaruh tinggi terhadap minat beli ibu rumah tangga di Jakarta Barat.Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan perusahaan maupun brand untuk meningkatkan komunikasi pemasaran terutama untuk usaha yang memiliki sasaran pasar ibu rumah tangga dengan menggunakan viral marketing dan celebrity endorser.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Cecilia Novia Ardianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumangara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Referensi

Ananda, S. (2017). Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Online shop Berbasis Aplikasi pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatra Utara. https://www.usu.ac.id/id/fakultas.html

Belch , George; Belch, M. (2017). Advertising and. In Director (Issue October).

Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan, Kreativitas Iklan terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan. Prologia, 5(1), 88. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8140

Darmansyah, Salim, M., & Bachri, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 230–238. http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16168

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context. In SpringerBriefs in Business. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-52459-7

Petrescu, M. (1994). Viral Marketing and Social Networks. http://dx.doi.org/10.4135/9781452243528.n10