Pengaruh Body Positivity terhadap Marketing Media Sosial Instagram Tagliaplus by Clarissa Putri

Main Article Content

Antony Setyawan
Ahmad Junaidi

Abstract

Social media is increasingly diverse and has simple features so that users can operate it easily, one of these social media is Instagram. Instagram plays a very important role in enlivening the body positivity campaign in the fight against the beauty standards that have been attached to society. In recent years there have been brands that have stopped editing models in their social media uploads. Some brands have not only stopped doing that, but they are also voicing body positivity campaigns on Instagram. Social media as a very powerful marketing medium if used thoroughly. That way a brand will be known more widely by a very diverse target market and have different characteristics and will also get the attention of potential consumers. This research uses a quantitative methodology with an explanatory survey method. Data was collected by distributing questionnaires. The conclusion of this study is that body positivity has a very high/strong and positive effect so that it has a unidirectional relationship to brand image.


Media sosial semakin beragam dan memiliki fitur yang sederhana sehingga para penggunanya dapat mengoperasikannya dengan mudah, salah satu media sosial tersebut adalah Instagram. Instagram memegang peranan yang sangat penting dalam menyemarakkan kampanye body positivity dalam memerangi standar kecantikan yang sudah melekat dikalangan masyarakat. Dalam beberapa tahun belakangan ini sudah ada brand sudah berhenti meng-edit model di unggahan sosial media mereka. Brand tidak hanya berhenti melakukan itu, tetapi mereka juga menyuarakan kampanye body positivity di Instagram.  Media sosial sebagai media pemasaran yang sangat powerfull  jika dimanfaatkan secara menyeluruh. Dengan begitu suatu merek akan dapat dikenal lebih luas oleh target pasar yang sangat beragam dan memiliki karakteristik yang berbeda, dan juga akan mendapatkan perhatian dari calon konsumenPenelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survei eksplanasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, body positivity memiliki pengaruh yang sangat tinggi/kuat dan positif sehingga memiliki hubungan yang searah terhadap citra merek.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Antony Setyawan, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Kennedy, John. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Adi. (2021). Perbedaan Efektivitas Teknik Effleurage dan Petrissage Terhadap Peningkatan Range Of Motion Pada Sendi Bahu Mahasiswa Pendidikan Jasmani Unsoed. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.