Pengaruh Komunikasi Persuasif dari Influencer Mikro TikTok terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Beauty

Main Article Content

Vievian Sri Ayu Purnamas
Ahmad Junaidi

Abstract

In this era, it is very easy for people to gain information about things they want to know because of the presence of credible people that love to share their knowledge through social media. So in this research, writer’s aim is to find out about the effect given by micro influencer’s persuasive communication on Tik-Tok to how the beauty consumer take the last decision. In order to influence others there must be some skill or some factor in it, as for example is the credibility of the speaker or it can also be a message that’s easy to be understood and are interesting. Etc. This research is done by using the quantitative approach by spreading the questionnaire to the population of this research which is the followers of either @Felita_anthony or @Cclaracr on Tik-Tok. The data’s that’s collected will be test its validation, reliability, and its normality to check whether the datas are real. Beside from that the data collected is also test by using Simple Regression test, t test and correlation analysis to see if there is a strong correlation between the two variable. The result of this research is saying that there is a 51.6% percent of influence that’s given by X variable to Y variable.


Pada zaman sekarang ini sangat mudah bagi manusia untuk mendapatkan informasi mengenai suatu hal yang ingin diketahui dikarenakan adanya kehadiran orang-orang berkredibel yang membagikan informasi via sosial media. maka dari itu dalam penelitian ini akan penulis membahas mengenai pengaruh yang dihasilkan dari komunikasi persuasif influencer Tik-Tok mikro terhadap gaya pengambilan keputusan konsumen beauty. Dalam upaya untuk mempengaruhi orang lain dibutuhkan adanya kemampuan untuk mempersuasi mungkin dengan kredibilitas yang ada mungkin juga dengan pesan yang disampaikan dan masih banyak lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei dengan cara menyebarkan minimal 100 kuisioner melalui google form kepada para pengguna Tik-Tok yang mengikuti konten salah satu dari kedua influencer mikro (@Felita_anthony / @Cclaracr). Data yang diperoleh diuji dengan uji validitas, reliabilitas, dan normalitas untuk memastikan kevalidan data dan kebenaran data. Kemudian juga peneliti menggunakan uji regresi sederhana juga uji T dan analisa korelasi Pearson untuk mengetahui adakah hubungan kuat antara komunikasi persuasif (variabel X) dengan gaya pengambilan keputusan seseorang (variabel Y). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya pengaruh dari variabel X sebesar 51.6% terhadap variabel Y.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Vievian Sri Ayu Purnamas, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Duncan, B., Hayes, & Nick. (2008). Influencer Marketing, Who Really Influence Your Customers. UK: Elsevier Ltd.

Kotler & Keller. (2012). Marketing Management, 14th. Person Education.

Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Diakses pada https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.