Peran Interaksi Simbolik dalam Komunikasi Pemasaran Melalui Facebook (Studi Kasus Forum Jual Beli Game Online)

Isi Artikel Utama

Aprianto Tantra
Muhammad Adi Pribadi

Abstrak

Activities of marketing communication can not be separated from the role of symbolic interaction. One of the social media used by business people to carry out marketing or product promotion activities is Facebook. The All Game Indonesia Sale and Purchase Forum is a forum that becomes a place or means to market products related to games. This study was conducted to examine the role of symbolic interaction in marketing communications conducted by the All Game Indonesia Buying and Selling Forum through Facebook. The theory used in this research is the theory of symbolic interaction and marketing communication. The research method used is qualitative with a case study approach. The results of the study found that information received by consumers through forums and messages via chat with admins felt that there were still some shortcomings in terms of interaction between admins and consumers in delivering less detailed information in responding to chats from consumers. Integrated communication planning in marketing improvement activities of online game products through symbolic interaction is the determination of improvement strategies from consumer input, namely improving the quality of service and also detailing information about products that are implemented into sales solutions to promote attractive online game products for buyers and potential consumers. to be more interactive in carrying out the process of marketing activities and evaluations at the All Online Game Buying and Selling Forum Indonesia.


Kegiatan dari komunikasi pemasaran tidak terlepas dari peran interaksi simbolik. Salah satu media sosial yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan pemasaran atau promosi produk adalah Facebook. Forum Jual Beli All Game Indonesia merupakan forum yang menjadi tempat atau sarana untuk memasarkan produk yang berhubungan dengan game. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji peran dari interaksi simbolik dalam komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Forum Jual Beli All Game Indonesia melalui Facebook. Teori yang digunakan didalam penelitian ini yakni teori interaksi simbolik dan komunikasi pemasaran. Metode penelitian yang dipakai yakni kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian menemukan informasi yang diterima oleh konsumen melalui forum maupun pesan melalui chat bersama admin yang dirasakan masih adanya beberapa kekurangan dalam hal interaksi antara admin dengan konsumennya dalam penyampaian informasi yang kurang detail dalam menanggapi chat dari konsumen. Perencanaan komunikasi terpadu dalam kegiatan peningkatan pemasaran dari produk Game Online melalui interaksi simbolik adalah penentuan strategi perbaikan dari masukan para konsumen yakni memperbaiki kualitas dari pelayanan dan juga mendetailkan informasi mengenai produk yang diterapkan menjadi solusi penjualan untuk mempromosikan produk Game Online yang menarik bagi pembeli dan calon konsumen agar lebih interaktif dalam melakukan proses kegiatan pemasaran serta evaluasi pada Forum Jual Beli All Game Online Indonesia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Aprianto Tantra, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Referensi

Abidin, Yunus. (2010). Strategi Membaca Teori dan Pembelajarannya. Bandung: Risqi. Press.

Alexander, Sinthia Delvi. (2020). Peran Interaksi Simbolik Dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran Pada Perusahaan Kosmetik Lokal Studi Kasus Perusahaan Kosmetik Lokal Mad for Makeup Indonesia Dalam Pembuatan Iklan . Universitas Tarumanagara .

Creswell, W John. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches 4Th Ed. CA: Sage.

Faisal, Sanafiah. (2010). Format-Format Studi Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hari, Singh. (2018). Marketing Management.

Knigge, Ladona. (2016). International Encyclopedia of Geography: People, the Earth, Environment and Technology. Grounded theory , 1-5.

Littlejohn, Stephen, W., & Karen, A. Foss. (2012). Teori Komunikasi Edisi 9 . Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman dan Johnny Saldana. (2012). Qualitative Data analysis. A methods sourcebook.

Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Pribadi, Muhammad Adi, Suganda, dan Eko Harry Susanto. (2018). Dinamika Perusahaan Periklanan Indonesia: Studi Kasus Komunikasi dan Budaya Organisasi Dwi Sapta IMC dan Fortune Indonesia. Disertasi Universitas Padjajaran. Bandung: Universitas Padjajaran.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi Mix Methods. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suyanto, Mohammad. (2008). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.