Pengaruh Citra Merek dan Word of Mouth terhadap Kepuasaan Pelanggan Ropang Plus-Plus

Main Article Content

Winston
Sisca Aulia

Abstract

This study discusses the influence of brand image and word of mouth on customer satisfaction of Ropang Plus – Plus. The culinary business in Indonesia is increasingly in demand and is very easy to find from time to time, causing competition between businesses to be increasingly competitive. In 2020 the Covid-19 virus in Indonesia caused chaos in various sectors and affected the sustainability of a business. Ropang Plus – Plus is thinking about how to make visiting customers feel satisfied. The purpose of this study is to understand that brand image and word of mouth have an influence on customer satisfaction of Ropang Plus – Plus. This study uses a causal research design to find a relationship between one variable and another. A causal relationship is also known as a cause and effect relationship. The population in this study are Ropang Plus – Plus customers. The sample selected in this study was 75 respondents from Ropang Plus – Plus customers in Pluit Sakti. Sampling using Non-Probability sampling technique. Research data collection was carried out using an online questionnaire and this study used an ordinal scale, with a Likert scale measuring instrument. The analytical method in this study uses the Statistical Package for the Social (SPSS). His approach method is a quantitative approach. Overall the results of this study are Brand Image has a positive and significant influence on customer satisfaction and word of mouth has a positive and significant influence on customer satisfaction.


Penelitian ini membahas pengaruh citra merek dan word of mouth terhadap kepuasaan pelanggan Ropang Plus – Plus. Bisnis kuliner di Indonesia yang semakin diminati dan sangat mudah ditemukan dari waktu ke waktu menyebabkan persaingan antar bisnis semakin kompetitif. Tahun 2020 virus Covid – 19 di Indonesia menyebabkan kekacauan di berbagai sektor dan berpengaruh pada keberlangsungan sebuah bisnis. Ropang Plus – Plus memikirkan bagaimana cara agar pelanggan yang berkunjung akan merasa puas. Tujuan dari penelitian ini yaitu memahami citra merek dan word of mouth memiliki pengaruh terhadap kepuasaan pelanggan Ropang Plus – Plus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausal untuk mencari hubungan antara suatu variabel dengan variabel yang lainnya. Hubungan kusal disebut juga hubungan sebab dan akibat. Populasi dalam penelitian ini merupakan Pelanggan Ropang Plus – Plus. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini 75 responden pelanggan Ropang Plus – Plus di Pluit Sakti. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan kuisioner secara online dan penelitian ini menggunakan skala ordinal, dengan alat ukur skala likert. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Statistical Package for the Social (SPSS). Metode pendekatan nya yaitu pendekatan kuantitatif. Secara Keseluruhan hasil dari penelitian ini adalah Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan dan Word of Mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Winston, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sisca Aulia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Burhan, F.A., (2020) Bisnis Anjlok akibat Pandemi Corona, UMKM Bisa Ubah Strategi Usaha

Cintya Damayanti, W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3), 236–251. https://doi.org/10.15294/maj.v4i3.8875

Gunardi, C. G., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 3(2), 456. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6387 Brawijaya, 36(1), 121–128.

Hanlon, B., & Larget, B. (2011). Sex and Older Women Samples and Populations The Scientific Literature The Scientific Literature (cont) The Popular Literature The Big Picture Samples and Populations Samples and Populations (cont).

Khotimah, C., Suharyono, S., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Relationship Marketing Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei terhadap Pelanggan Indihome PT. Telkom, Tbk. STO Klojen Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas

Kotler, P., Keller, K., (2018). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (11th ed)

Maltora, N. (2015). Essential of Marketing Research, A Handson Orientation. Pearson Education Limited

Meiliana, M., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Implikasinya pada Positive Word Of Mouth Penumpang MRT Jakarta. Prologia, 4(2), 368. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6632

Naibaho, A., & Yuliati, A. L. (2017). Pengaruh Brand Personality terhadap Minat Beli Produk Body Mist (Studi pada The Body Shop di Trans Studio Mall Bandung). Jurnal Computech & Bisnis, 11(1), 25–38.

Nylehn, P. (2013). Statistikk Tidsskrift for Den Norske Laegeforening, 133(3), 264. https://doi.org/10.4045/tidsskr.13.0045

Pratidana, D. (2017). Hak cipta dan penggunaan kembali: Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah ,memperbaiki , dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial , selama anda mencantumkan nama penulis dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat ya. Journal of Experimental Psychology: General, 136(1), 23–42. http://kc.umn.ac.id/5548/1/BAB II.pdf

Sahla, H. (2019). Konsep Pemasaran dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(2), 57–61.

Sisca, Aulia. & Adhi Gurmilang (2019). Pengaruh Brand Image dan Word of Mouth Terhadap Loyalitas Konsumen Go-Jek.