Interaksi Simbolik Penggunaan Merek Secondate di Kalangan Konsumen dalam Menciptakan Brand Loyalty (Studi Kasus Penggunaan Produk Secondate di Kalangan Generasi Milenial)

Main Article Content

Kelly Meliana
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Public awareness for the importance of supporting local products is one of the reasons for increasing sales of local products in e-commerce. One of the beauty influencer, Titan Tyra with her partner Gitta Amelia build a beauty brand. The name of the brand is Secondate. Release its first product which is Milky Gel Lip Tint. Other than that, now Secondate already had many product, and the product is antibacterial hand sanitizer cream, eyeshadow pallete, lip gloss, and eyebrow. The purpose of this research is researcher want to know about symbolic interaction when using Secondate product on consumer in millennial generation in creating brand loyalty. The research approach that used in this research is qualitative research with case study method from Yin. Case study has been done on consumer in the millennial generation. When collecting data, the sources were obtained from interviews with seven consumers that using Secondate product, participant observation, and documentation. The result of this research indicate that from the three concepts of symbolic interaction according to Mead, emergence the brand loyalty where the consumer who are initially aware of the Secondate brand eventually start buying and using the product and from the consumer's personal experience they become loyal to the Secondate brand. In making a purchase, the influence of other people in general and other people in particular, makes a consumer become interested in buying Secondate products.


 


Kesadaran masyarakat kepada pentingnya mendukung produk lokal menjadi salah satu alasan meningkatnya penjualan produk lokal pada e-commerce. Salah satu beauty influencer, Titan Tyra bersama rekannya Gitta Amelia membangun sebuah brandkecantikan dengan nama Secondate. Produk pertama Secondate yaitu Milky Gel Lip Tint. Selain itu, Secondate juga mengeluarkan produk antibacterial hand sanitizer cream, eye shadow pallete, lip gloss, dan eyebrow. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang Interaksi Simbolik dalam menggunakan produk Secondate pada kalangan konsumen di generasi milenial dalam menciptakan brand loyalty. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Studi kasus dilakukan pada konsumen Secondate pada generasi milenial. Dalam mengumpulkan data, sumber didapatkan melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Dalam melakukan wawancara, peneliti melakukan wawancara terhadap tujuh narasumber yang merupakan para pengguna produk Secondate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tiga konsep interaksi simbolik menurut Mead, membuat munculnya brand loyalty dimana konsumen yang awalnya sadar adanya merek Secondate akhrinya mulai membali dan menggunakan produk tersebut dan dari pengalaman pribadi konsumen tersebut membuatnya menjadi loyal pada merek Secondate. Dalam melakukan pembelian, adanya pengaruh dari orang lain secara umum dan orang lain secara khusus, membuat seorang konsumen mulai tertarik untuk membeli produk Secondate.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Kelly Meliana, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ardiansyah, R. F. (2017). Analisis Semiotika Pada Logo Brand Phillip Works Di Kota Bandung [Universitas Pasudan]. http://repository.unpas.ac.id/30049/

Mecadinisa, N. (2021). Melihat Perkembangan Industri Kosmetik di Indonesia Pasca Covid-19. Fimela.Com. https://www.fimela.com/beauty/read/4578615/melihat-perkembangan-industri-kosmetik-di-indonesia-pasca-covid-19

Secondate. (n.d.). Secondate. https://Secondatebeauty.com/

Shintaviana, F. V. (2014). Konsep Diri Serta Faktor-Faktor Pembentuk Konsep Diri Berdasarkan Teori Interaksionisme Simbolik (Studi Kasus pada Karyawan Kantor Kemahasiswaan, Alumni dan Campus Ministry, Universitas Atma Jaya Yogyakarta) [Universitas Atma Jaya Yogyakarta]. https://e-journal.uajy.ac.id/5780/

Siena, C., & Pribadi, M. A. (2020). Interaksi Simbolik Dalam Sales Promotion Menciptakan Brand loyalty (Studi Kasus Pengguna Kartu Starbucks Di Jakarta). Prologia, 4(1), 201. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6476

Stevanny, M., & Pribadi, M. A. (2020). Interaksi Simbolik dan Ekologi Media Dalam Proses Keterlibatan Sebagai Roleplayer. Koneksi, 4, 36–42.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yin, P. D. R. K. (2018). Studi Kasus Desain & Metode (15th ed.). PT Rajagrafindo Persada.