Peran Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran Produk di PT Aroma Abadi Nusantara (Studi Kasus Gleeair)

Main Article Content

Devin Tjong
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

This study aims to determine the role of symbolic interaction in product marketing communication planning at PT Aroma Abadi Nusantara (GLEEAIR Case Study). The theory used in this research is Symbolic Interaction Theory from George Herbert are Mead Mind, Self, Society and marketing communication planning theory. Developments in the world of technology and information make promotion through the internet popular in this era, marketing opportunities through the internet are bigger and wide open marketing can be done by making advertisements on various social networks. The research method used in this research is a qualitative method with a case study approach. The research subjects were 7 people, 1 person was the owner of PT Aroma Abadi Nusantara. While the other 6 people are consumers of PT. GLEEAIR. Methods of data collection using interviews and observation. Data processing and analysis techniques use data reduction, data presentation and drawing conclusions. The technique of validating the data, the researcher will ask again the results of his research to the informant. The results show that symbolic interactions in product marketing communication planning at PT Aroma Abadi Nusantara (GLEEAIR Case Study) play an important role in achieving GleeAir's business goals, one of which is to get big profits and achieve marketing targets. There are 6 GleeAir marketing communication plans including: determining business goals, determining strategy, determining tactics, implementing activities, monitoring implementation, and conducting evaluations.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran interaksi simbolik dalam perencanaan komunikasi pemasaran produk di PT Aroma Abadi Nusantara (Studi Kasus GleeAir). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Interaksi Simbolik dari George Herbert Mead yaitu Mind, Self, Society dan teori perencanaan komunikasi pemasaran. Perkembangan dunia teknologi dan informasi membuat promosi melalui internet menjadi sesuatu yang diminati oleh individu. Era sekarang ini, dalam hal pemasaran memiliki peluang yang lebih besar atau bahkan lebih luas jika melalui internet. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 7 orang, 1 orang merupakan pemiliki PT Aroma Abadi Nusantara. Sementara 6 orang lainnya merupakan konsumen PT.GleeAir. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan validasi data dan kemudian keabsahan data akan menanyakan kembali hasil penelitiannya kepada narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi simbolik dalam perencanaan komunikasi pemasaran produk di PT Aroma Abadi Nusantara (Studi Kasus GLEEAIR) berperan penting dalam mencapai tujuan usaha GleeAir salah satunya yaitu mendapatkan keuntungan yang besar dan mencapai target pemasaran. Terdapat 6 perencanaan komunikasi pemasaran GleeAir diantaranya: menentukan tujuan bisnis, menentukan strategi, menentukan taktis, implementasi kegiatan, monitoring pelaksanaan, dan melakukan evaluasi.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Devin Tjong, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alexander, Sinthia Delvi. (2020). Peran Interaksi Simbolik Dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran pada perusahaan Kosmetik Lokal studi kasus perusahaan kosmetik lokal mad for makeup indonesia dalam pembuatan iklan). Universitas Tarunanegara.

Febricha, Angelia, & Pribadi, Muhammad Adi. (2020). Proses Interaksi Simbolik dalam Pembentukan Proses Interaksi Simbolik Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus pada Instagram @Appetonindonesia). Prologia, 4(2), 272–279. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6503

Gitleman, Lisa. (2014). Peran Teknologi Komunikasi Dalam Pemasaran Produk Perbankan Pada Konsumen Di Pt Dwi Cermat Indonesia Jakarta. Jurnal Sekretarisasi & Administrasi(Serasi), 60.

Gumilang, Galang Surya. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, Vol. 2, No. 2.

Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.