Peran Interaksi Simbolik Pengguna Apilkasi Shopee (Studi Kasus Shopee COD)

Main Article Content

Calvin NG
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

The purpose of this research is to find out what is the role of symbolic interaction in online shopping, especially on Shopee company, how was the COD (Cash On Delivery) new feature. The theory that researchers used in this research was symbolic interaction theory. The main objective for using this theory is because this theory explains how people think and how they interact with their society. The connections between the symbolic interaction theory and the COD feature was on the user of Shopee applications. The method of this research is a qualitative method. The main objective of using this method is to understand deeply about social interactions in society. The subject in this research is the users of Shopee COD feature users. The result of this research are the role of symbolic interactions in the use of Shopee COD feature in terms of consumer decision making, the characteristic of the feature and social interactions can be bulit from this symbolic interactions.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran interaksi simbolik di dalam sebuah proses berbelanja daring atau online, pada e-commerce Shopee, khususnya pada bagaimana peran fitur COD (Cash On Delivery) atau yang biasa disebut sebagai pembayaran di tempat  dari Shopee Indonesia. Teori komunikasi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik. Tujuan penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik dikarenakan teori ini membahas mengenai pola pikir seorang individu dan interaksinya dengan lingkungan sosial. Kaitan antara teori interaksi simbolik dan penelitian ini adalah bagaimana teori interaksi simbolik menjelaskan peran fitur Shopee COD pada pengguna aplikasi Shopee. Metodologi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metodologi penelitian kualitatif dilakukan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai lingkungan sosial yang ada di masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah para pengguna  fitur Shopee COD. Hasil dari analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah adanya peran interaksi simbolik dalam penggunaan fitur Shopee COD dalam hal pengambilan keputusan konsumen, ciri khas dari fitur tesebut dan juga bagaimana sebuah lingkungan sosial bisa terbentuk melalui adanya interaksi simbolik.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Calvin NG, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

CNN Indonesia. (2021). Kronologi Grab Toko Tipu 980 Orang Dan Rugikan Rp 17m Ekonomi. Diakses dari CNN INDONESIA: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210115135836-92-594181/kronologi-grab-toko-tipu-980-orang-dan-rugikan-rp17-m

Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

West, Richard., & Turner., Lynn. (2013). Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Yin, Robert. K. (2021). Studi kasus Desain & Metode. Depok: PT Raja Grafindo.