Interaksi Simbolik Pada Perencanaan Komunikasi Pemasaran untuk Produk UMKM (Studi Kasus Sumber Motor)

Main Article Content

Kevin
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

During the current Covid-19 pandemic, the automotive world is experiencing a huge economic shock because the average community is not doing activities or traveling out of the house in accordance with the recommendations of the local government to do WFH or Work From Home. The Sumber Motor store is a store that is affected by the current Covid-19 pandemic, this is because there are no consumers who come to the Sumber Motor store at the Kemayoran Car Market or PMK for short. Sumber Motor store sells many variations of car lights from well-known brands to lesser-known brands. Sumber Motor store wants to know how the role of symbolic interaction in marketing communication planning at Sumber Motor store is. The researcher uses qualitative methods as well as case studies in this thesis because the researcher wants to know how important symbolic interaction is in planning marketing communications at the Sumber Motor store. The theories used in this research are Symbolic Interaction Theory, digital marketing theory. Interview is the strategy used in this research.


Dikala pandemi Covid-19 saat ini, dunia otomotif sedang mengalami guncangan ekonomi yang sangat besar dikarenakan rata-rata masyarakat tidak berkegiatan atau berpergian keluar rumah sesuai dengan anjuran dari pemerintah setempat untuk melakukan WFH atau Work From Home. Toko Sumber Motor adalah toko yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 saat ini, hal tersebut dikarenakan tidak adanya konsumen yang datang ke toko Sumber Motor di Pasar Mobil Kemayoran atau disingkat PMK. Toko Sumber Motor menjual banyak variasi lampu mobil dari yang bermerek terkenal sampai dengan merek yang tidak terkenal. Toko sumber Motor ingin mengetahui bagaimana peran interaksi simbolik dalam perencanaan komunikasi pemasaran di toko Sumber Motor. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan juga studi kasus dalam skripsi ini karena peneliti ingin mengetahui seberapa penting interaksi simbolik dalam merencakan komunikasi pemasaran di toko Sumber Motor. Teori-Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Interaksi Simbolik, teori digital marketing. Wawancara adalah strategi yang digunakan dalam penelitian ini.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Kevin, Universitas Tarumagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Elbadiansyah, Umiarso. (2014). Interaksionisme Simbolik dari Era Klasik hingga Modern. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahardjo, Susilo, & Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Sanjaya, Ridwan, & Tarigan, Josua. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.